Dayah Darul Quran Aceh (DQA) kembali membuka pendaftaran santri baru jenjang (PSB) SMP dan SMA tahun pelajaran 2022/2023 dengan menggratiskan biaya pendaftaran bagi calon santri berprestasi.

Ketua Panitia PSB Dayah DQA Khafizd Nur Huda di Banda Aceh, Kamis, mengatakan penerimaan santri baru tersebut melalui dua jalur, yaitu jalur prestasi dan reguler. 

Untuk jalur prestasi pendaftarannya mulai 22-27 November 2021, sedangkan jalur reguler mulai 8-16 Desember 2021. Bagi yang memilih jalur prestasi, gratis biaya pendaftaran dan juga bebas tes tulis,” kata Khafizd Nur Huda.

Khafizd Nur Huda menjelaskan pendaftarannya secara daring atau online dan dapat dilakukan dari kediaman masing-masing dengan mengakses www.dqa.sch.id.

Seleksi jalur prestasi, kata Khafizd Nur Huda, di antaranya seleksi berkas dan wawancara calon santri dengan orang tua. Sedangkan jalur reguler mengikuti ujian tulis berbasis komputer.

Ujian meliputi matematika, PAI, bahasa Inggris, IPA dan bahasa Arab khusus jenjang SMA). Selain itu mengikuti ujian tahsin Al Quran, kata Khafizd Nur Huda.

Adapun persyaratan jalur prestasi di antaranya kelas akhir SD/MI dan SMP/MTs, peringkat lima besar dalam dua tahun terakhir dengan melampirkan surat keterangan sekolah. 

Selanjutnya, memiliki prestasi di bidang Al Quran atau akademik dan nonakademik dengan seleksi resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan lembaga nonpemerintah. 

Prestasi dimaksud adalah pernah mendapat juara, baik tingkat kabupaten kota, provinsi, nasional maupun internasional yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan.

“Salinan berkas pendaftaran dimasukkan dalam map hijau. Selanjutnya dikirim atau diantar langsung ke Dayah Darul Quran Aceh di Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar,” kata Khafizd Nur Huda.

Direktur Dayah DQA Hajarul Akbar Al Hafiz mengatakan lembaga pendidikan dipimpinnya itu dalam proses belajar mengajar menerapkan kurikulum terpadu antara kurikulum pesantren, dayah salafiyah, dan kurikulum pendidikan nasional.

“Dayah DQA merupakan lembaga pendidikan Islam profesional dan berkualitas yang mampu melahirkan penghafal Al Quran serta memiliki akhlak, karakter dan berkompetensi di bidang akademik,” pungkas Hajarul Akbar.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021