Kepolisian RI Resor (Polres) Aceh Timur menanami sepanjang pesisir pantai Kabupaten Aceh Timur dengan tanaman mangrove guna mencegah abrasi di wilayah tersebut.

Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat di Aceh Timur, Rabu mengatakan penanaman mangrove tersebut merupakan bagian dari dukungan terhadap program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Penanaman mangrove ini merupakan tindak lanjut program yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo di berbagai wilayah pesisir sekaligus memperingati hari pohon sedunia," kata AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat.

AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat mengatakan dalam kegiatan tersebut Polres Aceh Timur dan jajaran menanam 1.000 bibit mangrove atau bakau di pesisir pantai Gampong Paya Dua, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur.

"Penanaman ini juga melibatkan masyarakat setempat. Kami mengajak masyarakat menjaga tanaman mangrove ini agar bisa tumbuh dan menjadi pencegah abrasi," kata AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat.

Selain abrasi, kata Kapolres, penanaman mangrove ini akan membentuk lahan baru, menyediakan makanan, mineral bagi hewan laut dan sebagai sumber keanekaragaman hayati.

"Kami berharap penanaman ini semakin menumbuhkan kesadaran semua untuk menjaga dan mencegah kerusakan lingkungan, terutama di daerah pesisir," kata AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021