Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kembali menyerahkan rumah layak huni kepada empat masyarakat kurang mampu yang ada di ibu kota provinsi Aceh itu.

“Saya terus berkomitmen untuk menghadirkan rumah yang layak huni kepada warga kurang mampu," kata Aminullah Usman, di Banda Aceh, Rabu.

Bantuan rumah layak huni yang dibangun pemerintah Banda Aceh tersebut tipe 36, selain membangun juga ada rumah yang direnovasi dalam tahun ini.

Pembangunan dan renovasi rumah tersebut dilakukan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) dan Baitul Mal Banda Aceh.

Aminullah menyampaikan, sejak dirinya dilantik sebagai wali kota pada tahun 2017 lalu sampai dengan hari ini, telah berhasil membangun dan merenovasi sebanyak 722 rumah layak huni untuk warga kurang mampu.

"Sejauh ini kita sudah membangun dan melakukan perbaikan 722 unit rumah warga miskin, terbagi dari 260 unit yang dibangun dari awal dan 462 unit direnovasi,” ujarnya.

Aminullah berharap, rumah bantuan tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk tempat hunian keluarga, mengais rezeki, beribadah dan bersilaturrahmi dengan warga sekitar dan sanak famili.

Sebelumnya, Kabag Humas Pemko Banda Aceh Said Fauzan merincikan, untuk rumah sehat sederhana plus yang dibangun Perkim melalui APBK Banda Aceh sejak 2017-2021 sebanyak 143 unit, dan rumah rehab 34 unit.

Kemudian, kata Said, juga ada rumah miskin yang dibangun Baitul Mal Banda Aceh dengan dana zakat mencapai 117 unit, lalu untuk renovasi rumah melalui dana infaq sebanyak 30 unit.

"Juga ada rumah rehab swadaya dengan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebanyak 398 unit (2019-2021)," kata Said.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021