Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia bekerjasama dengan KIP Aceh Jaya serta Pemerintah setempat meluncurkan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Ilham Saputra di Calang, Sabtu mengatakan salah satu program nasional KPU RI di Kabupaten Aceh Jaya dengan Kerjasama yang baik antara KIP Aceh Jaya serta Pemerintah Daerah Aceh Jaya.

“Harapan kita adalah tidak hanya partisipasi saja yang tinggi, tidak hanya kuantitas akan tetapi bagaimana meningkatkan kualitas masyarakat terhadap pemilu, bagaimana masyarakat melihat pemilu bagaimana pentingnya pemilu bagi kehidupan mereka,” kata Ketua KPU RI, Ilham Saputra, S.IP kepada ANTARA, Sabtu.

Ia juga berharap ke depan masayarakat Aceh Jaya mampu menjadi pemilih yang baik dan berkualitas bukan karena adanya intervensi suatu pihak sehingga pemimpin yang diharapkan bisa sesuai dengan apa yang di inginkan oleh masyarakat.

Ia juga menyampaikan kalau Pemilihan Aceh Jaya sebagai pionir atau pelopor kegiatan nasional juga berkat dukungan yang luar biasa dari  Komisi Independen Pemilihan (KIP) serta Pemerintah Aceh Jaya sendiri disamping itu juga Aceh Jaya ada karakteristik yang berbeda ada pekebun nelayan serta karakteristik yang berbeda sehingga harus adanya pendekatan yang lebih intens.

“Untuk seluruh Indonesia satu provinsi ada dua Kabupaten dan Aceh ada Kabupaten Aceh Jaya dan saat ini kita sedang menunggu Banda Aceh,” katanya.

Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk Yusri S mengucapkan terima kasih kepada KPU RI yang telah menyelenggarakan program nasional ini di Kabupaten Aceh Jaya semoga dengan program ini dapat mendapatkan output yang positif bagi proses demokrasi di Aceh Jaya.

Tgk Yusri menyampaikan kalau pertumbuhan partisipasi pemilihan di Aceh Jaya pada pemilu 2019 capai 87 persen lebih dan ini merupakan di atas rata -rata nasional yang hanya 81,97 persen dan juga di atas provinsi Aceh yang hanya 79,7 persen maka pihaknya optimis ke depan tidak hanya meningkatkan kuantitas namun juga kualitas.

“Harapan kita ke depan tidak hanya pada 3 Desa saja namun seluruh Desa di Aceh Jaya akan tersentuh dengan program ini,” katanya.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021