Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-93 yang dilaksanakan di lapangan upacara Setdakab Aceh Tengah.

Upacara PHI dilakukan sepenuhnya oleh “perempuan hebat”, yaitu Polwan dari Polres Aceh Tengah dan bertindak sebagai Perwira Upacara, Kapolsek Lut Tawar AKP. Salmiati dan Komandan Upacara, Kaur Yanmin Satintelkam IPDA Maharani serta petugas penaikan bendera masing-masing Briptu Rizki Ayu Dhila, Briptu Anggun Tri Suci Cahaya dan Briptu Purnama Sari. Dengan Pembaca Teks Peringatan Hari Ibu, Briptu Rizka Maulidia

Selanjutnya untuk pasukan peserta upacara diikuti  ibu-ibu dari Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Persit Kartika, Gerakan Bhayangkari, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Pejuang Muda Wanita Kemensos, dan sejumlah ASN perempuan di Kabupaten Aceh Tengah.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam amanat yang dibacakan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengatakan upacara peringatan Hari Ibu merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Dikatakannya, tanggal ini dipilih untuk  menghormati Kongres Perempuan-I di Yogyakarta pada tahun 1928 yang merupakan awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia.

“Maka dari itu, peringatan Hari Ibu di Indonesia bukanlah Mother’s Day, melainkan momentum untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya,” kata Menteri PPA.

Menteri PPA mengatakan perempuan Indonesia di tengah terpaan apapun, merupakan srikandi-srikandi kuat yang mampu melampaui berbagai tantangan yang melingkupi mereka.

Untuk itu, Menteri PPA berpesan melalui momentum PHI Ke-93 tahun 2021 ini perempuan Indonesia haruslah tetap tangguh, kuat dan berani dalam menjadi penopang hidup kaumnya dan menjadi sebaik-baiknya ibu bangsa.

Bupati Shabela Abubakar yang ditemui usai memimpin upacara, menyampaikan ucapan khusus dan menaruh harapan kepada kaum perempuan Indonesia, semoga Peringatan Hari Ibu Ke-93 tahun 2021 menjadi momen penting untuk mendorong peran perempuan dalam segala bentuk dan sektor pembangunan.

Bupati Shabela juga mengajak kepada semua perempuan di negeri ini untuk terus maju, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan tentunya akan bersama laki-laki menjadi kekuatan besar yang memastikan terwujudnya SDM unggul dan berdaya saing menuju Kabupaten Aceh Tengah Maju.

“Kami sebagai pimpinan daerah, untuk masyarakat Gayo saya mengimbau mari kita betul-betul untuk menghargai, mencintai kaum ibu dan memberikan kasih sayang kepada mereka,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021