Dinas Perhubungan Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan arus penumpang, baik menggunakan pelayaran kapal feri maupun pesawat terbang meningkat menjelang tahun baru.

Kepala Dinas Perhubungan Simeulue Muliawan Rohas di Simeulue, Rabu, mengatakan peningkatan masih dalam kondisi yang wajar dan tidak seperti lebaran lalu.

"Terjadi peningkatan jumlah penumpang, baik itu pesawat maupun kapal feri ke Pulau Simeulue. Namun, peningkatannya tidak saat lebaran lebaran," kata Muliawan Rohas.

Sementara itu, Kepala Bandar Udara (Bandara) Lasikin Bona Simamora mengatakan ada lonjakan penumpang ke Pulau Simeulue menjelang libur tahun baru.

"Kini, rata-rata penumpang pesawat setiap hari mencapai 40 orang. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya 20-an orang," kata Bona Simamora menyebutkan.

Meski terjadi peningkatan jumlah penumpang pesawat, kata Bona Simamora, tidak ada penambahan penerbangan ke Pulau Simeulue. Penerbangan ke Pulau Simeulue dari Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

"Meski penumpang bertambah, tidak ada penambahan penerbangan dan juga jadwalnya tetap seperti biasa, yakni satu kali penerbangan setiap hari," kata Bona Simamora.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021