Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Mohamad Hasan mengatakan pihaknya akan mempromosikan produksi udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) di Kabupaten Aceh Barat ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, sebagai salah satu keberhasilan pengembangan percontohan komoditi itu di Aceh.

“Budidaya udang vaname binaan Kodam Iskandar Muda di Aceh Barat ini dapat menjadi contoh kepada masyarakat pesisir pantai, bagaimana membudidaya udang yang baik dan benar sehingga menghasilkan hasil yang maksimal,” kata Mayjen TNI Mohamad Hasan di Aceh Barat, Kamis.

Hal ini ia sampaikan saat melakukan panen udang Vaname di tambak binaan di kawasan Desa Suak Keumudee, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, tambak udang Vanamen percontohan Kodam Iskandar Muda nantinya diharapkan juga dapat menjadi percontohan kepada masyarakat, untuk melakukan budidaya udang Vaname.

Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat di setiapn daerah di Aceh, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat tentunya.
Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Mohamad Hasan didampingi Bupati Aceh barat H Ramli MS, meninjau panen udang Vaname di kawasan tambak percontohan Kodam Iskandar Muda di kawasan Desa Suak Keumudee, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (13/1/2022). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Di sisi lain, pembangunan tambak udang di Aceh Barat tersebut juga dapat memanfaatkan lahan tidur yang terbengkalai akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

Untuk itu, kata Mayjen TNI Mohamad Hasan, pihaknya akan berupaya mempromosikan pengembangan budidaya udang Vaname di Aceh Barat ke Menteri KKP, dengan harapan nantinya pengembangan udang tersebut akan semakin berkembang di Aceh.

Ia juga mengakui kondisi air yang lebih baik dan bersih di wilayah pesisir pantai barat selatan Aceh, sehingga memudahkan pengembangan udang tersebut oleh masyarakat.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022