Gubernur Aceh Nova Iriansyah meresmikan ruas Jalan Balu - Lapeng yang terletak di Pulo Breuh, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar dalam upaya meningkatkan akses transportasi masyarakat di Pulau Breuh.

“Keberadaan jalan Balu - Lapeng layak disambut dengan gembira, karena akan mempermudah akses transportasi bagi masyarakat di Pulau Breueh Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar,” kata Nova Iriansyah di Pulo Aceh, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meresmikan ruas Jalan Balu - Lapeng memiliki panjang 3,8 kilometer dengan lebar 4 Meter yang dibangun Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS).

Ia menjelaskan ruas jalan yang dibangun BPKS yang juga dilengkapi dengan lampu penerang itu dengan anggaran Rp 17.589.900.000.

Nova berharap kehadiran jalan tersebut akan memberikan nilai tambah bagi Pulo Aceh dan menjadi pemicu majunya aktivitas ekonomi di pulau yang termasuk ke dalam kawasan BPKS tersebut.

Menurut dia Jalan Balu - Lapeng cukup strategis, karena merupakan satu-satunya jalur darat yang menghubungkan Gampong Lapeng dengan desa lain di kawasan itu. 

Dalam peresmian tersebut turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Muhammad Iswanto, serta Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi. 

Selain itu, juga hadir Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain beserta Wakil Teuku Zanuarsyah dan  Sekda Aceh Besar, Sulaimi.

Nova menambahkan jalan merupakan salah satu sarana vital dalam meningkatkan kehidupan masyarakat, karena kehadirannya akan memperlancar arus komunikasi, informasi, serta transportasi antar daerah, sehingga diharapkan tidak akan ada lagi kesenjangan antar wilayah. 

“Infrastruktur jalan ini merupakan hal mutlak yang mesti ada di Pulo Aceh, yang notabene masuk ke dalam Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang,” katanya.

Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain mengatakan pihaknya telah membangun ruas jalan di Pulo Aceh sejak beberapa tahun terakhir. Di mana Pada 2021, BPKS telah merampungkan empat ruas jalan di Pulo Breuh dan Pulo Nasi Kecamatan Pulo Aceh. 

Ke empat ruas jalan itu yakni Jalan Balu - Lapeng sepanjang 3,8 Kilometer, Pemeliharaan Jalan Alue Raya sepanjang 300 Meter, Pembangunan Jalan Blangsitungkoh - Lampuyang (lanjutan) sepanjang 400 Meter. 

Kemudian, peningkatan dan pemeliharaan jalan Lamteng - Deudap sepanjang 400 meter dan pada tahun 2022 ini BPKS juga telah mengalokasikan anggaran ke Pulo Aceh sebesar Rp12 miliar lebih yang akan diperuntukkan untuk sejumlah pembangunan, pemeliharaan hingga pengadaan tanah untuk pembangun jalan. 

Iskandar pada kesempatan itu juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga semua fasilitas yang telah terbangun di kawasan itu. 

Keuchik Lapeng, Muhammad menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh dan BPKS atas pembangunan ruas jalan tersebut karena sebelumnya warga desanya lebih menggunakan laut sebagai jalur perlintasan lantaran tidak tersedianya jalan darat yang memadai. 

Karena itu pihaknya sangat bergembira dengan telah terbukanya jalur perlintasan darat yang layak.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022