Blangpidie (ANTARA Aceh) - Pengelolaan aset dengan baik selain akan menjadi sumber daya ekonomi daerah juga mempunyai fungsi strategis bagi pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik, kata Plt Sekretaris Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Thamrin.
     
"Kalau di tata dengan baik, dengan aset dapat meningkatkan pendapatan asli daerah," kata Sekda Abdya, Thamrin di sela-sela acara pembukaan kegiatan diklat pengelolaan aset daerah, di Blangpidie, Rabu.
     
Dikatakan, pengelolaan aset daerah dengan baik, selain dapat meningkatkan PAD dalam jumlah yang signifikan, juga dapat menjadi potensi sumber pembiayaan dalam pelaksanaan fungsi-fungsi pemerintahan.
     
"Jadi, kalau asetnya tidak dikelola dengan baik, malah akan menjadi beban daerah, karena aset-aset tersebut membutuhkan biaya perawatan yang cukup banyak bila tidak dijaga dengan baik," katanya.
     
Thamrin berharap, kepada semua Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang ada di lingkup Pemkab Abdya untuk segera menertipkan, menjaga serta menjalankan aset dengan benar dan profesional pada masing-masing unit kerja.
     
"Saya harapkan, dengan adanya diklat ini, para pengelola barang di setiap SKPK menjadi lebih transparan, akuntabel sesuai aturan dalam pengendalian aset, sehingga Abdya ke depan dapat kita peroleh WTP," harapnya.
     
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Abdya Edy Daryanto dalam laporannya menyatakan, diklat pengelolaan aset ini bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta tentang prosedur pengelolaan aset daerah.
     
"Diklat ini kita selenggarakan untuk melatih PNS yang terampil dan memiliki kompetensi profesional dalam pengelolaan aset daerah, juga untuk meminimalisasikan resiko serta biaya perawatan aset," katanya.
     
Selain itu, lanjutnya, diklat yang diselenggarakan selama tiga hari yang diikuti 50 orang peserta pengurus barang tiap SKPK juga bertujuan terwujudnya, tranparansi, efesien, fleksibel dan akurat dalam kegiatan pengelolaan aset milik pemerintah.
     
"Kalau pengurus barang sudah terlatih, secara otomatis sudah mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan rofesional, karena aparatur sudah memiliki pengetahuan dalam pemanfaatan dan pemeliharaan aset daerah," demikian Edy Daryanto.

Pewarta: Pewarta : Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015