Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Jamaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) pertama asal Embarkasi Aceh akan masuk asrama pada Selasa (8/9) pukul 21.00 WIB, sebelum bertolak ke Tanah Suci pada hari berikutnya,  kata pejabat setempat.

"Kloter pertama Embarkasi Aceh yang akan masuk asrama sebelum bertolak ke Arab Saudi berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh H M Daud Pakeh di Asrama Haji Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan sebanyak 393 orang kloter pertama yang masuk asrama haji Embarkasi Aceh itu akan berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, pada Rabu (9/9) pukul 21.55 WIB.

M Daud Pakeh menyebutkan masing-masing JCH itu terdiri atas Kota Banda Aceh sebanyak 195 orang dan Aceh besar sebanyak 193 orang.

Menurut rencana JCH kloter pertama asal Tanah Rencong tersebut akan dilepas oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan turut dihadiri oleh anggota komisi VIII DPR RI yang membidangi haji di antaranya Desy Ratna Sari.

Daud Pakeh juga menjelaskan mulai tahun 2015 Asrama Haji Banda Aceh sudah menjadi satuan kerja tersendiri yang berada langsung di bawah Direktorat Pelayanan Haji Kementerian Agama.

"Alhamdulillah semua persiapan telah rampung dan asrama haji embarkasi Banda Aceh sudah siap menerima para tamu-tamu Allah yang berasal dari 23 kabupatem/kota," demikian M Daud Pakeh.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015