Langsa (ANTARA Aceh) - Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat asal daerah pemilihan Aceh 2, Muslim SHI MM mengatakan melalui sosialisasi empat pilar kebangsaan, bisa juga dijadikan wahana menyerap aspirasi dari masyarakat khusus terkait sistem perencanaan pembangunan nasional.

"Sosialisasi pemantapan empat pilar kebangsaan ini juga mengusung tema peran MPR dalam sistem perencanaan pembangunan nasional," kata Muslim saat menjadi narasumber pada sosialisasi empat pilar kebangsaan yang diselenggarakan Sekretariat MPR RI bekerjasama dengan DPD KNPI Kota Langsa, di Graha Pemuda Jl Jenderal Ahmad Yani Langsa, Rabu.

Sistem perencanaan pembangunan nasional, ujar Muslim, ke depan akan menjadi wacana publik yang.cukup kuat.

Karenanya, sambung dia, meskipun telah diuraikan bahwa reformulasi model Garis Besar Haluan Negara (GBHN) menjadi salah satu aspek dalam rangka penguatan lembaga MPR. Maka isu aspirasi masyarakat perlu dibahas secara khusus.

Dikatakannya, beberapa hal krusial yang menjadi pokok wacana yang berkembang antara lain; haluan negara sebagai pemandu arah pelaksanaan pembangunan nasional yang berkesinambungan.

Kemudian, integrasi sistem perencanaan pembangunan nasional dan daerah, sistem pembangunan yang berbasis kedaulatan rakyat.

Selanjutnya, aspek hukum dan politik sistem perencanaan pembangunan nasional dan terakhir peran MPR dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

Menurutnya, dalam rangka menjawab tantangan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara secara kritis, komprehensif dan holistik diperlukan kajian mendalam dari berbagai kalangan, khususnya akademisi dan masyarakat umum.

"Kegiatan ini merupakan jawaban atas persoalan dinamika yang ada. Penyerapan aspirasi masyarakat sangatlah penting," ujar Muslim.

Selain Muslim, Ketua DPD Partai Demokrat Aceh Nova Iriansyah juga tampil sebagai pembicara terkait pentingnya pemantapan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD KNPI Kota Langsa, Yudi Ferdiansyah Putra dalam laporan panitia mengatakan kegiatan dimaksud diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari tokoh pemuda desa dan organisasi kepemudaan yang berhimpun di bawah DPD KNPI Kota Langsa.

Pantauan ANTARA, acara sosialisasi berlangsung interaktif dalam sesi diskusi yang dipandu Ketua DPD KNPI Kota Langsa Zulfan selaku moderator.

Pewarta: Pewarta : Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015