Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan kabupaten kepulauan di Samudra Hindia tersebut zona hijau setelah penularan dan penyebaran COVID-19 nihil sejak tiga bulan terakhir.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue Farhan di Simeulue, Kamis, mengatakan kasus positif COVID-19 terakhir di Kabupaten Simeulue tercatat pada November 2021.

"Kasus penularan dan penyebaran COVID-19 tidak ada sejak tiga bulan terakhir, sehingga Kabupaten Simeulue sampai saat berada di zona hijau," kata Farhan menyebutkan.

Kendati berada di zona hijau, kata Farhan, pemerintah menetapkan Kabupaten Simeulue Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level satu.

Sebab, kata Farhan, pandemi COVID-19 hingga kini masih berlangsung, sehingga penularan dan penyebaran demam virus corona tersebut masih tetap berpotensi.

Oleh karena itu, Farhan mengimbau masyarakat Kabupaten Simeulue tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta tidak berkerumunan.

Selain itu, Farhan juga mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan setiap hari, baik dosis pertama, dosis kedua, maupun dosis ketiga atau penguat.

"Vaksinasi terus kami lakukan, baik itu untuk orang dewasa, maupun anak-anak usia enam hingga 11 tahun. Vaksinasi ini untuk mewujudkan kekebalan komunal guna mengakhiri pandemi COVID-19," kata Farhan.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022