Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) setempat mulai menggelar kegiatan latihan bersama pacuan kuda tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT ke-445 Kota Takengon tahun ini.


"Latihan bersama ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-445 Kota Takengon  yang bertanding pada 14 kelas pacuan dengan 72 race pertandingan selama satu minggu," kata Ketua Pordasi Aceh Tengah, Zuhaidi di Aceh Tengah, Selasa.

Ia menjelaskan Pelaksanaan latihan bersama telah dibuka oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar pada Senin (21/2) dan akan berlangsung hingga 27 Februari 2022.

Menurutnya kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan ketat bagi setiap pengunjung yang datang ke arena.

Pihak panitia kata dia juga menyediakan gerai vaksin COVID-19 untuk para pengunjung.

"Panitia menyediakan tiga gerai vaksinasi. Kita berharap momentum latihan bersama pacuan kuda ini juga akan dapat memacu angka vaksinasi COVID-19," katanya.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar saat membuka even latihan bersama ini, Senin (21/2), mengatakan pacuan kuda telah menjadi media penghubung antara jejak budaya masa lalu dengan generasi masa kini. 

Karena itu dia berharap pacuan kuda tradisional Gayo tersebut dapat terus dikembangkan menjadi identitas tradisi bagi masyarakat Gayo, khususnya Kabupaten Aceh Tengah.

"Para leluhur telah mempertahankan seni berkuda sampai masa kini. Sekarang kewajiban bagi kita untuk terus mempertahankan dan melestarikan tradisi budaya pacuan kuda," kata Shabela Abubakar.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022