Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh kini lebih mudah mendapatkan kacamata secara gratis setelah sebuah optik hadir di kawasan Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya.

“Kehadiran kami untuk membantu pemerintah, dalam menyediakan layanan kesehatan mata khususnya kepada peserta BPJS Kesehatan,” kata dr Edi Hidayat SPPD selaku pemilik Optik Cahaya di Nagan Raya, Jumat.

Ia menjelaskan, selama ini masyarakat selaku peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, tidak banyak mengetahui bahwa pemerintah menanggung biaya pembuatan kacamata secara gratis, atau tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Ada pun syarat bisa mendapatkan kacamata secara gratis bagi peserta JKN-KIS, kata Edi Hidayat, masyarakat cukup mendatangi dokter spesialis mata dengan membawa kartu BPJS Kesehatan guna memeriksakan kesehatan mata.

Setelah mendapatkan resep dari dokter spesialis, peserta JKN-KIS membawa resep tersebut ke Optik Cahaya di Jalan Nasional, Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

“Nanti setelah tiba di optik, masyarakat bisa mendapatkan kacamata yang diinginkan dengan kualitas terbaik,” katanya.

Dr Edi Hidayat menambahkan, dengan hadirnya optik di kawasan pesisir tersebut, dirinya berharap dapat membantu tugas pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya kesehatan mata.

“Selama ini sebagian orang peserta tidak tahu BPJS menanggung biaya pembuatan kacamata. JKN-KIS tidak hanya menanggung obat-obatant saja, peralatan seperti kacamata dan alat pendengaran juga ditanggung JKN-KIS,” kata Edi Hidayat.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022