Baitul Mal Aceh Jaya akan menyalurkan zakat tahun 2022  dengan total dananya Rp2,3 miliar dan  penerima sebanyak 4.405 jiwa  senif fakir dan miskin di daerah ini.


"Insya Allah, kami akan menyerahkan zakat  senif fakir dan miskin pada 21 April 2022 dan diserahkan langsung oleh Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb," kata Kepala Baitul Mal Aceh Jaya, Tgk Munawar, Sabtu.


"Senif fakir sebanyak 939 jiwa. Perjiwa mendapatkan Rp700 ribu. Sedangkan untuk senif miskin sebanyak 3.466 jiwa dan perjiwa mendapatkan Rp500 ribu," jelasnya.

Tgk Munawar menjelaskan, data fakir dan miskin calon penerima zakat diberikan oleh Camat bedasarkan hasil ferivikasi Geuchik dalam Kabupaten Aceh Jaya.

Ia menjelaskan jika ada pihak yang menyampaikan tidak tepat sasaran maka perlu diperjelas atau di ubah pada saat sebelum pihak kecamatan mengirimkan data final.

"Jika ada menurut masyarakat penerima zakat yang tidak tepat sasaran maka boleh di tinjau kepada penghimpun data di gampong, yaitu Geuchik,"Katanya.

Tgk Munawar kembali menerangkan, penyaluran zakat tahun 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana zakat akan dikirim langsung ke rekening yang penerima zakat, bukan pemberian uang tunai.

Menurutnya, langkah tersebut diambil agar penyaluran sesuai data yang terhimpun dan juga sebagai upaya agar zakat diterima langsung oleh penerima.


Tgk Munawar berharap kepada Instansi di Aceh Jaya, pegawai Bank dan para pengusaha serta pihak swasta lainnya agar mempercayai baitul Mal sebagai lembaga tempat untuk menyalurkan zakatnya seperti yang telah dilakukan oleh pihak Polres Aceh Jaya dan Forkopimda

"Semoga para Muzakki (Penyumbang Zakat) yang telah menyisihkan sedikit hartanya untuk para fakir dan miskin di Aceh Jaya dimudahkan rezeki dan para penerima manfaat dapat mempergunakan untuk kebutuhan beribadah" tutupnya. 
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022