Langsa (ANTARA Aceh) - Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Langsa, Aceh, H Jauhari Amin menyatakan sangat penting menumbuhkan kebangkitan nasionalisme di tengah kehidupan masyarakat saat ini.

"Situasi sekarang ini dibutuhkan kebangkitan nasionalisme dalam kehidupan masyarakat kita," ujar Jauhari di Langsa, Selasa sore.

Pernyataan itu, disampaikannya menyikapi status siaga satu yang ditetapkan Polda Aceh menyusul terjadinya teror bom di kawasan Mall Sarinah Jl MH Thamrin, Jakarta beberapa hari lalu.

Menurutnya, jika semangat dan pemahaman nasionalisme melekat dijiwa masyatakat, maka tidak akan terjadi aksi teror maupun gesekan sosial lain yang dapat mengancam keamanan dan keutuhan bangsa.

Karenanya, Jauhari berpandangan untuk mencegah gerakan radikal berkembang di tengah masyarakat, diperkukan memperkuat kembali nasionalisme yang meliputi cinta.tanah air, jiwa patrotisme, solidaritas dan semangat kebangsaan.

"Masyarakat kita sekarang tergerus.zaman, pudarnya nasionalisme sangat rentan dan perlu segera disikapi," katanya.

Ia menilai, kegiatan yang bersifat peningkatan rasa cinta tanah tanah air, bela negara dan wawasan kebangsaan perlu terus menerus dilakukan.

Kegiatan seperti pembentukan struktur organisasi kepemudaan berbasis nasional misalnya, lanjut dia, sangat memungkinkan sebagai upaya menangkal bahaya paham.radikal dan laten.

"Pelantikan PAC Pemuda Pancasila Langsa Kota kemarin itu, salah satu upaya yang bagus untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan ideologi negara," tutur Jauhari.

Kepada masyarakat, Jauhari meminta agar tetap waspada terhadap gerakan dan perkembangan paham radikal walau sekecil apapun.

"Walau Aceh selama ini sangat kondusif tapi kita tetap harus waspada," pungkasnya.
   

Pewarta: Pewarta : Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016