Jambi (ANTARA Aceh) -  PT Asian Agri  komitmen menerapkan manajemen keselamatan dan kesehatan kerja sebagai salah satu upaya mewujudkan kepedulian perusahaan kepada tenaga kerjanya.
     
"Penerapan keselamatan dan  kesehatan kerja (K3) sangat penting  dalam kehidupan dan pekerjaan kita sehari – hari, konsepnya datang dengan selamat dan pulang dengan selamat," kata manejer grup Asian Agri Alison Marbun di Kualatungkal, Jumat.

Karena itu, sebagai perusahaan yang bergerak bidang perkebunan kelapa sawit itu memiliki komitmen terhadap keberlanjutan, khususnya penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja.

Untuk itu, Asian Agri menggelar pelatihan yang diperuntukkan bagi seluruh ahli K3 umum yang  terdiri dari para asisten kebun dan pabrik. Pelatihan ini dilaksanakan di salah satu unit bisnis Asian Agri Grup, yakni  PT Dasa Anugrah Sejati yag berlokasi di  Desa Lubuk Bernai Kecamatan Batang  Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pelatihan ini sangat penting  dilakukan untuk  meningkatkan pemahaman kepada para ahli K3 umum Asian Agri agar dapat  diterapkan di wilayah unit kerja masing-masing.

Diharapkan pelatihan ini dapat mengisi  profesionalisme ahli K3 umum sehingga nantinya dapat diimplementasikan di unit kerja masing-masing.

Narasumber dari pelatihan itu antara lain Direktur Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI), Edy Saptono.

"Penerapan pelatihan safety leadership ini difokuskan untuk penyamaan persepsi di seluruh pimpinan unit, ahli K3 umum dan tim P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di Asian Agri yang telah disosialisasikan secara nasional di seluruh perusahaan di Indonesia.” kata Edy Saptono.

Peserta   juga mengapresiasi atas pelatihan yang sudah diselenggarakan perusahaan, karena menunjukkan kepedulian perusahaan kepada para karyawannya.

“Kami merasa bersyukur dan berterima kasih kepada perusahaan, dimana pelatihan ini merupakan wujud  kepedulian   bagi kami , sehingga kami lebih mengetahui dan   peduli untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan," ujar Ismail, Asisten Kepala Pabrik Kelapa Sawit Taman Raja.

Sementara itu, Koordinator Safety Asian Agri, Putu Grhyate Yonata Aksa mengatakan bahwa pelatihan ini juga merupakan rangkaian kegiatan  dalam rangka memperingati Hari K3 Nasional.

"Pelatihan K3 di Jambi ini, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari K3 Nasional. Sebelumnya hal yang sama juga sudah dilakukan di Riau dan menyusul Sumatera Utara, dengan total jumlah peserta 70 orang.  Tujuannya untuk meningkatkan kembali arti pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja," katanya.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016