Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, kini mulai menyalurkan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa miskin berprestasi dan santri dari keluarga kurang mampu, senilai Rp996,5 juta.

"Dengan disalurkannya bantuan biaya pendidikan ini, saya harapkan dapat membantu meringankan beban hidup terutama bagi orang tua yang anaknya sedang menempuh pendidikan,” kata Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, Rabu.

Baca juga: BUMN gelontorkan 7.700 beasiswa bangun SDM santri

Ada pun rincian bantuan beasiswa yang sudah mulai disalurkan tersebut, diantaranya untuk mahasiswa belajar di jenjang pendidikan diploma (D-)3 dalam kabupaten sebanyak 10 orang masing-masing Rp1,7 juta, D-3 provinsi 1 orang Rp 2 juta, S-1 luar provinsi sebanyak 1 orang sebesar Rp3 juta, S-1 Propinsi sebanyak 62 orang masing-masing mendapatkan Rp 2,5 juta per orang.

Selanjutnya, mahasiswa jenjang pendidikan S-2 luar Provinsi Aceh sebanyak satu orang sebesar Rp5 juta, dan mahasiswa S-2 belajar di dalam provinsi sebanyak empat orang masing-masing mendapatkan Rp4 juta per orang.

Baca juga: Pendaftaran beasiswa Pemkab Pidie ditutup

“Total bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu sebesar Rp355,5 juta,” kata bupati.

Sedangkan bantuan biaya pendidikan untuk santri dari keluarga kurang mampu, kata Bupati HM Jamin Idham, total bantuannya mencapai Rp641 juta dengan rincian penerima yaitu untuk santri Salafi sebanyak 449 orang masing-masing mendapatkan bantuan Rp1 juta per orang, dan santri moderen sebanyak 142 orang dan mendapatkan bantuan beasiswa masing-masing sebesar Rp1 juta per orang.

Bupati HM Jamin Idham juga menjelaskan bantuan biaya pendidikan tersebut telah disalurkan melalui rekening bank masing-masing penerima, tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022