Meulaboh (ANTARA Aceh) - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) akan mengelar pengobatan massal secara geratis kepada masyarakat Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Ketua HMI Cabang Meulaboh, Said Mustafa di Meulaboh, Jum'at mengatakan kegiatan sosial tersebut dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 Hijiriah/2016 Masehi.

"Dalam pengobatan massal ini kami melibatkan dokter spesialis dan dokter umum dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh Barat, jadi selain masyarakat diperiksa kesehatan tapi juga dapat beerkonsultasi langsung dengan dokter itu," katanya.

Didampinggi sekretaris panitia Usman di menyampaikan, dalam sepekan terakhir pengurus HMI Cabang Meulaboh melaksanakan kegiatan keagamaan dengan sejumlah rangkaian perlombaan melibatkan 221 peserta dari 17 perwakilan desa.

Di antara rangkaian yang sudah dilaksanakan seperti perlombanan azan, tilawatil quran, hafalan ayat pendek, perlombaan cerdas cermat, lomba pidato, lomba tamyiz mayit dan ceramah agama.

Kata Said, khusus untuk kegiatan bakti sosial pengobatan massal dengan sasaran seluruh masyarakat berdomisili di Kecamatan Bubon, selama ini mungkin ada diantara masyarakat desa belum pernah melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Masyarakat desa bisanya berobat ke puskesmas ataupun rumah sakit bersifat isidentil, kalau sakit baru berobat. Jadi dengan datang dokter spesialis maupun dokter umum ini mereka mungkin lebih bergairah memeriksa kesehatan," imbuhnya.

Kegiatan yang dipusatkan di lokasi pasar rakyat Desa Alue Lhok, Kecamatan Bubon tersebut mendapat respon luar biasa dari masyarakat, selain dipenuhi masyarakat acara tersebut ikut menghidupkan suasana pelaku ekonomi kecil masyarakat sekitar.

Sementara itu Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Bubon (IPMB) Susandi menambahkan, dengan digelarnya berbagai kegiatan perlombaan menyemarakan Maulid Nabi Muhammad SAW di kawasan itu, diharapkan dapat memotivasi orang tua anak dan masyarakat untuk memberi pendidikan agama.

"Hasil dari perlombaan ini juga akan menyaring peserta terbaik bagi gampong-gampong untuk perlombaan dilaksanakan pemerintah. Kemudian yang paling penting ini menjadi ajang silaturrahmi mahasiswa dengan masyarakat," katanya menambahkan.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016