Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Ketua Komisi IV DPR,  Herman Khaeron mengusulkan Balitbang Pertanian menghasilkan varietas baru sigelis Aceh Jaya yang cocok dikembangkan di kawasan tersebut.

"Varietas sigelis Aceh Jaya ini mungkin dapat dikombinasikan antara varietas inpari dengan situ patenggang," katanya di sela-sela kunjungan kerja dan panen padi varietas situ patenggang di kawasan Gampong Padang Lageuen, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Senin.

Menurut dia, perpaduan kedua varietas tersebut akan menghasilkan benih yang lebih bandel dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca yang bisa berubah begitu cepat.

"Kondisi cuaca di Aceh Jaya kadang curah hujannya tinggi dan juga terlalu kering, sehingga perlu adanya varietas yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Aceh Jaya memiliki potensi besar untuk pengembangan kawasan pertanian, peternakan dan tanaman lainnya, sehingga perlu adanya varietas unggul yang lebih baik guna mengoptimalkan berbagai potensi tersebut.

"Pengembangan dan penelitian lebih lanjut terhadap varietas yang mampu bertahan terhadap berbgai kondisi dan hama juga salah satu faktor pendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian," katanya.

Pihaknya akan terus mendukung berbagai program peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat serta mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan berbagai aspek untuk mendukung sektor pertanian mulai dari produksi, prosesing hingga pemasaran.

Varietas situ patenggang yang didesain padi gogo dikembangkan di kawasan Gampong Padang Lageuen, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya dengan produksi diperkirakan mencapai delapan ton.

Kepala Balitbang Pertanian Muhammad Syakir mengatakan varietas situ patenggang didesain padi gogo yang mampu beradaptasi dengan lahan kering dan persawahan.

"Kami terus berupaya mengembangkan varietas ampibi sehingga mampu beradaptasi dan memliki karakteristik dengan setiap kawasan," katanya.

Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Maulidi yang ikut mendampingi kunjungan kerja Waki Ketua Komisi IV DPR ke Kabupaten itu menyambut baik terhadap perhatian yang diberikan terhadap kawasan tersebut.

"Kami memberikan apresiasi terhadap kunjungan ini dan kami akan terus meningkatkan produktivitas dan menggunakan varietas unggul meningat pteonsi yang dimiliki Aceh Jaya cukup besar dan ini juga perlu perhatian dari Komisi IV DPR," kata Maulidi yang jga turut didampingi Kepala BPTP Provinsi Aceh Basri A Bakar.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016