Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat mengusulkan pengadaan 300 unit tong sampah baru pada tahun anggaran 2022, sebagai upaya untuk menciptakan kota yang bersih dan sehat.

“Semoga usulan pengadaan ini nantinya dapat disetujui legislatif,” kata Kepala DLHK Aceh Barat, Bukhari di Meulaboh, Selasa.

Ia mengatakan, usulan tersebut terpaksa dilakukan melalui intansi pemerintah lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, setelah adanya intruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, yang tidak memperbolehkan adanya pengadaan tong sampah termasuk pengadaan armada sampah di DLHK kabupaten/kota.

Bukhari mengatakan, usulan pengadaan ratusan tong sampah baru tersebut dimaksudkan untuk menciptakan kota yang bersih dan sehat, dan terbebas dari tumpukan sampah di lingkungan masyarakat.

Selain itu, pengadaan tong sampah tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat, agar membuang sampah pada tempatnya.

Bukhari mengatakan selama tahun 2022, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan puluhan unit tong sampah bantuan dari CSR dari sebuah perusahaan perkebunan di Aceh Barah, guna diserahkan kepada masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga menempatkan sejumlah kontainer sampah di sejumlah desa dan kecamatan di Aceh Barat, guna meningkatkan kesadaran masyarakat agar menciptakan lingkungan yang sehat tanpa tumpukan sampah, demikian Bukhari. 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022