Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Pojok baca Bank Indonesia atau dikenal dengan "BI Corner", meramaikan pustaka Universitas Malilkussaleh Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Peresmian salah satu program sosial Bank Indonesia di bidang pendidikan itu dilakukan di gedung Fakultas Ekonomi Unimal oleh Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe Yufrizal serta dihadiri sejumlah pejabat kampus serta pejabat daerah setempat.

Dalam kata sambutannya,  Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe, menyampaikan, bahwa BI Corner merupakan bagian dari tema unggulan pelaksanaan Program Sosial Bank Indonesia dengan tajuk ¿Indonesia Cerdas¿. Dengan BI Corner dalam bentuk perpustakaan dimaksud,  memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh BI.

Diantaranya, membantu penyediaan fasilitas bagi masyarakat khususnya dunia pendidikan, melalui penyediaan pojok baca yang lebih nyaman, penyediaan koleksi perpustakaan yang terkini dan bisa diakses juga melalui internet serta sebagai referensi bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian-penelitian mengenai moneter, perbankan, dan keuangan.

BI Corner ini akan dilengkapi dengan penelitian-penelitian Bank Indonesia baik mengenai ekonomi moneter, system keuangan, maupun sistem pembayaran yang bisa diakses melalui internet,¿ujar Yufrizal.

Lanjut kepala perwakilan BI Lhokseumawe itu, selain untuk mendukung upaya pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran BI. Keberadaan  BI Corner, sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku atau publikasi berkualitas di masyarakat.

BI Corner juga dapat dimanfaatkan sebagai perpanjangan tangan dari Perpustakaan khusus yang dimiliki oleh setiap Kantor Perwakilan (KPW) di seluruh Indonesia.

Bahkan secara bertahap, kedepan, dalam jangka waktu Lima tahun mendatang, BI Corner diharapkan hadir di setiap jenjang pendidikan dan perpustakaan daerah terpilih serta beberapa sarana publik strategis.

Melalui skema hibah terprogram, penerima manfaat diharapkan dapat merawat dan menambah koleksi pustaka yang telah disediakan sehingga dapat bermanfaat secara optimal bagi masyarakat, serta dapat melanjutkan program-program kegiatan yang telah diinisiasi oleh Bank Indonesia, terang Kepala BI Lhokseumawe.

Pojok baca di FE Unimal tersebut, merupakan pendirian pertama kali di universitas atau perguruan tinggi dalam wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe dengan jumlah buku yang diserahkan sebanyak 725 judul yang terdiri dari 600 judul berbahasa Indonesia dan 125 judul ber bahasa Inggris.

Selain penyerahan BI Corner, dalam rangka sinergi Bank Indonesia dengan Perguruan Tinggi khususnya dalam rangka pemanfaatan Perpusatakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, juga dilakukan pendantanganan MOU antara KPwBI Lhokseumawe dengan Unimal, STAIN Malikussaleh dan juga Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Pewarta: Pewarta : Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016