Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Tengah menyatakan seluruh siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Qalbun Fitrah di Kampung Cang Duri, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah telah menerima Kartu Identitas Anak (KIA).

“Penyerahan dokumen administrasi kependudukan ini kepada pihak sekolah sebagai bagian dari pelayanan untuk memenuhi hak anak penyandang disabilitas,” kata Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah Mustafa Kamal di Takengon, Rabu.

Ia menjelaskan anak-anak yang saat ini sekolah di SLB merupakan warga negara dan memiliki hak yang sama termasuk untuk mendapatkan dokumen kependudukan.

Dia mengatakan selama beberapa bulan terakhir pihaknya memang sedang konsen untuk mendata warga penyandang disabilitas dan melengkapi jenis hambatan yang dimiliki dalam biodata kependudukan.

Kepala SLB Qalbun Fitrah Rusdawati menyampaikan pihaknya sangat terbantu dengan layanan pengurusan KIA secara kolektif yang dilakukan oleh Disdukcapil Aceh Tengah.

"Pastinya sangat terbantu, sekarang siswa SLB kami semuanya sudah memiliki KIA tanpa harus mengurus sendiri ke kantor Disdukcapil," kata Rusdawati.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022