Harga jual perhiasan emas murni di tingkat pedagang di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat hingga akhir Juli 2022, turun sebesar Rp2,88 juta per mayam (3,3 gram).

Sebelumnya, harga jual perhiasan emas untuk jenis emas murni di daerah ini berada di harga Rp2,95 juta per mayam, dan sempat mencapai Rp3 juta per mayam.

“Penurunan harga jual emas ini sesuai dengan harga jual emas dunia,” kata Rusdi, pedagang perhiasan emas di Meulaboh kepada ANTARA, Ahad.

Ia merinci, harga perhiasan emas murni (kadar 99 persen) saat ini dijual di harga Rp2,88 juta per mayam.

Sedangkan harga jual emas London atau emas kadar 97 persen di jual di harga Rp2,78 juta per mayam, dari sebelumnya Rp2,83 juta per mayam.

Untuk perhiasan emas kadar 87 persen atau emas 24 dijual di harga Rp2,48 juta per mayam dari harga jual sebelumnya di kisaran harga Rp2,55 juta per mayam.

Sedangkan untuk emas 22 atau emas dengan kadar 70 persen, kata Rusdi, masih bertahan di harga Rp690 ribu per gram

“Harga jual ini belum termasuk ongkos pembuatan,” kata Rusdi menambahkan.

Rusdi mengatakan meski harga jual perhiasan emas megalami penurunan, namun animo masyarakat untuk membeli perhiasan emas relatif sedikit.

“Sejauh ini banyak masyarakat yang jual perhiasan untuk kebutuhan anak sekolah, dan kebutuhan lainnya. Kalau yang beli emas masih sedikit dibandingkan yang jual,” kata Rusdi.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022