Muharram Journalism College (MJC) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh kembali mengaktifkan sekolah jurnalistik usai terhenti selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, dan sudah membuka penerimaan mahasiswa baru.

"Kita kembali membuka penerimaan mahasiswa baru angkatan ke-17 tahun ajaran 2022/20223. Setelah sempat berhenti karena faktor pandemi," kata Kepala Sekolah MJC AJI Banda Aceh Reza Munawir, di Banda Aceh, Senin.

Reza mengatakan, masa pendaftaran sekolah itu mulai berlangsung sejak hari ini 1 hingga 21 Agustus 2022. Dengan membuka empat kelas yakni jurusan menulis cetak/online, televisi, foto jurnalistik, dan infografis.

“Ini terbuka untuk umum, dan bagi siapa saja yang berminat ingin belajar atau memperdalam ilmu jurnalistik sudah bisa mendaftar lagi,” ujarnya.

Reza menjelaskan, pembelajaran MJC tahun ini akan berlangsung selama enam bulan sejak September 2022-Februari 2023.

Konsepnya, satu bulan pertama mahasiswa akan menerima materi kuliah umum tentang jurnalistik, kemudian pendalaman, dan selanjutnya program magang. 

“Satu bulan untuk mata kuliah umum, dua bulan pendalaman materi terkait jurusan yang dipilih, dan dua bulan selanjutnya mahasiswa akan dimagangkan di media-media, serta satu bulan terakhir evaluasi atau ujian akhir,” katanya. 

Lebih lanjut, Reza menyebutkan, seiring melihat perkembangan media maka ada yang berbeda dari sebelumnya yaitu membuka kelas infografis. 

Untuk proses pembelajaran sendiri, kata Reza, berlangsung secara tatap muka selama empat jam dalam sepekan pada Jumat siang dan Sabtu pagi. 

Namun demikian, para mahasiswa tidak melulu belajar di dalam ruangan tetapi mereka akan belajar praktik langsung di lapangan. 

“Selain belajar di ruangan, mahasiswa juga akan mengikuti belajar praktik lapangan di luar ruangan seperti meliput peristiwa, wawancara, pengambilan gambar dan mengedit,” ujarnya.

Pendaftaran bisa diakses melalu bit.ly/daftarmjc atau dengan mengubungi WhatsApp 085281963128 serta email muharramjournalismcollege@gmail.com.

Dalam kesempatan ini, Reza menuturkan bahwa MJC didirikan oleh AJI Kota Banda Aceh yang diresmikan pada 22 November 2008. Selain menjadi pintu masuk sebagai jurnalis profesional, MJC juga menjadi tempat bagi siapa saja yang ingin memperdalam ilmu jurnalistik.

“Sekolah MJC ini sudah banyak melahirkan jurnalis-jurnalis profesional yang tersebar di berbagai media baik lokal maupun nasional. Tak hanya itu, juga ada di bidang humas, perfilman, serta konten kreator,” demikian Reza Munawir.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022