Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar berharap duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah terpilih dapat mewakili karakter generasi muda dari daerah itu.

"Kita menginginkan kegiatan ini dapat dijadikan simbol pemuda-pemudi yang mewakili karakter generasi muda dari dataran tinggi Tanoh Gayo yang kaya akan nilai budaya dan adat istiadat. Artinya kita mendukung kegiatan ini sebatas tidak melanggar syariat," kata Shabela Abubakar.

Pernyataan itu disampaikannya pada acara Malam Final Pemilihan Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah Tahun 2022 di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Sabtu malam.

Ia berpesan Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah dapat selalu berpenampilan sopan seusai adat dan budaya Gayo.

"Saya ingin mereka ini pakai kain sarung sebetulnya, tapi motif kerawang Gayo, tidak usah terlalu meriah pakaiannya," ujar Shabela.

Adapun Win Ipak terpilih adalah Win Rahmatussyifa dan Ipak Masniar Putri. Sedangkan untuk kategori favorit pilihan masyarakat melalui media sosial diraih oleh Win Yafi Ramadhansyah Javier dan Ipak Wahna Nurlianda sebagai Win Ipak Terfavorit Tahun 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah Zulkarnain mengatakan ajang tahunan tersebut bertujuan mencari kader duta wisata daerah guna pengembangan kreativitas dan promosi pariwisata daerah.

"Kader duta wisata Win Ipak ini nantinya berperan dalam pengembangan kreativitas dan memberikan masukan atau ide dalam pengembangan pariwisata daerah," kata Zulkarnain.

Selain itu kata dia Win Ipak Aceh Tengah terpilih nantinya juga akan mewakili daerah pada pemilihan duta wisata tingkat Provinsi Aceh di Banda Aceh pada September 2022.

Sebelumnya sebanyak 51 peserta mendaftar untuk mengikuti ajang ini. Panitia kemudian melakukan tahapan seleksi untuk memilih 10 besar dan 5 besar, hingga penyelenggaraan malam final di GOS Takengon.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022