Pemerintah Kota Sabang kembali mengadakan karnaval budaya peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia setelah dua tahun absen karena pandemi COVID-19.

Pawai budaya itu dilepas secara langsung oleh Wali Kota Sabang Nazaruddin bersama Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus di depan Kantor Wali Kota Sabang, Kamis (18/8).

Ada 46 sekolah meliputi SD, SMP, dan SMA sederajat di Kota Sabang yang ikut dalam lomba pawai karnaval itu. Acara berlangsung meriah, yang disambut antusiasme masyarakat yang memadati sepanjang rute pelaksanaan kegiatan. 

Baca juga: Ribuan pelajar meriahkan karnaval HUT RI

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sabang Desiana mengatakan karnaval budaya dilaksanakan dalam rangkaian HUT RI. Ada 30 sekolah tingkat SD/MI, 11 sekolah tingkat SMP/MTsN dan lima sekolah tingkat SMA/SMK/MA yang berpartisipasi.

Dengan dukungan semua pihak, kata dia, karnaval budaya dapat terlaksanakan dengan baik.

"Sudah dua tahun pandemi COVID-19 melanda, selama itu tidak ada kegiatan sama sekali, dan tahun ini Alhamdulillah kita bisa melaksanakan kegiatan, termasuk salah satunya lomba pawai budaya," kata Desiana.

Baca juga: Ribuan pelajar meriahkan pawai karnaval di Banda Aceh usai pandemi

Desiana berharap, pandemi COVID-19 segera berakhir, sehingga situasi kembali normal dan kegiatan-kegiatan seperti itu dapat dilaksanakan dan ditingkatkan ke depannya.

Dalam karnaval itu, MAN 1 Sabang berhasil meraih juara satu dengan hadiah trofi dan uang tunai sebesar Rp4 juta, kemudian juara dua SDN 16 Kota Sabang mendapat Rp3,5 juta dan juara tiga diraih SMP 1 Sabang dengan hadiah Rp3 juta.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022