Sabang (ANTARA Aceh) - Sebanyak 5 unit kapal melayani pelayaran arus balik wisatawan dari Pelabuhan Balohan, Sabang menuju Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, setelah menikmati liburan panjang sejak Kamis (5/5).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Balohan Kota Sabang, Abdurani di Sabang, Minggu mengatakan, biasa hanya 4 unit kapal melayani pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya, namun selama musim libur ada penambahan satu kapal lambat.

"Kalau hari-hari biasanya itu jumlah kapal yang melayani pelayaran Sabang-Banda Aceh atau sebaliknya itu 4 unit, dan masing-masing berlayar satu trip. Selama libur panjang ini ada penambahann satu Kapal Roro Papuyu, trip pelayaran pun harus ditambah," katanya.

Menurutnya, Kapal Cepat Express Bahari pada hari-hari  biasanya berlayar masing-masing satu trip, tapi selama libur panjang Mei ini lonjakan wisatawan meningkat sampai tiga kali lipat, jadwal pelayaran pun dengan sendirinya harus ditambah.

"Selama libur panjang ini, Kapal Cepat Express Bahari melayani 6 trip pelayaran dan kapal lambat yang terdiri dari KMP BRR, Tanjung Burang dan Papuyu keseluruhan 7 trip," ujarnya.

Dia mengakui belum menerima rekap kunjungan wisatawan selama libur panjang ini, namun tingkat kunjungan wisatawan meningkat drastis dari hari-hari biasanya.

"Kita perkirakan jumlah kunjungan wisatawan pada libur panjang ini tidak kurang dari 7.000 orang, dan dominan mereka berasal dari nusantara ada juga wisatawan asing," tuturnya.

Kemudian, salah satu petugas Kapal Express Bahri, Ahmad Huzaifah mengutarakan, setiap libur panjang pihaknya harus menambah trip pelayaran Sabang-Banda Aceh atau sebaliknya, hal ini dikarenakan tingkat kunjungan wisatawan meningkat drastis yang datang ke Pulau Weh.

"Kapal Express Bahari 3B belayar 3 kali dengan kapasitas per-trip itu 240 seat dan Express Cantika 3 dengan kapasitas 250 pre-trip, total wisatawan yang menyeberang Sabang-Banda Aceh per-hari arus balik itu 1.470 penumpang," jelasnya.

Dia menambahkan, lonjakan wisatawan yang menyeberang dari Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan Sabang sudah terasa sejak hari Kamis, Jumat, dan Sabtu, Minggu arus balik yang meningkat.

"Kita berlayar enam trip itu sejak hari Kamis, dan wisatawan yang membludak dari Banda Aceh menuju Sabang, tapi hari Sabtu dan Minggu arus baliknya yang membludak, kalau dari Banda Aceh tidak banyak penumpang," katanya.

Pewarta: Pewarta : Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016