Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, siap menjadi tempat rehabilitasi bagi para korban penyalahgunaan Narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lhokseumawe Saiful Fadhli melalui Kasi Rehabilitasi Nurkhalida, kepada wartawan mengatakan,di Lhoksumawe, Rabu, bahwa pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan enam Puskesmas yang ada dalam wilayah Kota Lhokseumawe, beberapa hari lalu, tentang rencana itu.

Dimana, hasil rekomendasi dari seluruh Puskesmas yang ada di Kota Lhokseumawe, kepala Puskesmas dan pemegang program, siap membantu upaya pencegahan dan penyalahguna narkoba. Akan tetapi, terkendala dengan permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas baik sarana maupun prasarana, ujar Nurkhalida.

Sambungnya, terkait dengan tidak semuanya Puskesmas yang memiliki sarana yang memadai untuk melakukan proses rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan Narkoba. Maka hasil tim verifikasi, mengusulkan Tiga Puskesmas yang akan ditingkatkan menjadi lembaga rehabilitasi.

Diantaranya, Puskesmas Muara Dua, Banda Sakti dan Puskesmas Muara Satu. Sedangkan terkait dengan masalah SDM, maka kepada tenaga Puskesmas akan diberikan peningkatan kapasitas melalui pelatihan ataupun magang, ungkap Kasi Rehabilitasi.

Sementara itu, lanjut Nurkhalida, di Lhokseumawe ada Puskesmas yang telah mempunyai klinik khusus. yaitu klinik VCT (Voluntery Conseling Testing) yang menangani kasus HIV/AIDS dan klinik IMS (Infeksi Menular Seksual).  
    
Dari data klinik VCT dan IMS, diketahui bahwa penderita HIV atau IMS adalah termasuk pengguna narkoba. Sehingga bagi penderita IMS sekaligus juga sebagai pengguna narkoba, harus mendapat penanganan yang lebih maksimal dalam upaya untuk mengobati penyakit berkenaan sekaligus dapat menghilangkan ketergantungan terhadap penyalagunaan narkoba.

Nurkhalida juga menyebutkan, dasar bahwa lembaga rehabilitasi dapat dilaksanakan melalui Kemenkes, sedangkan di Wilayah Kota Lhokseumawe belum adanya Rumah Sakit milik pemerintah. Maka BNN Kota Lhokseumawe melakukan kegiatan fasilitasi dan dukungan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah melalui Puskesmas yang ada dalam Wilayah Kota Lhokseumawe.

Pewarta: Pewarta : Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016