Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki resmi melantik Sekretaris Daerah Kota Langsa Said Mahdum Majid sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Langsa, di Anjong Mon Mata Pendopo Gubernur Aceh, Senin.

“Selamat bekerja dan semoga Kota Langsa dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik lagi di bawah kepemimpinan saudara," kata Achmad Marzuki.

Achmad Marzuki berpesan kepada Said Mahdum agar melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya membina komunikasi positif dengan legislatif, yudikatif, ulama dan elemen masyarakat.

"Langkah ini perlu dilakukan dalam upaya menjaga harmoni dan kekompakan, serta kesatuan dalam membangun daerah,” ujarnya. 

Selain itu, Said Mahdum juga diminta agar menjalankan sistem pemerintahan secara transparan, akuntabel dan taat hukum. 

Agar gerak pembangunan dapat dimulai lebih awal, Achmad Marzuki berpesan agar Said Mahdum melakukan upayakan pembahasan APBK tepat waktu. 

“Gali dan kembangkan potensi yang dimiliki Kota Langsa. Hidupkan sektor UMKM, utamanya melalui penggunaan produk dalam negeri, dan tempuh berbagai upaya dalam mengurangi angka kemiskinan," ujarnya. 

Dalam kesempatan ini, Achmad Marzuki juga menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh baru-baru ini telah meluncurkan Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA) sebagai upaya penurunan angka stunting Aceh, sekaligus meningkatkan capaian imunisasi pada anak. 

Karena itu, dirinya meminta dukungan Pj Wali Kota Langsa agar melaksanakan gerakan itu dengan sebaik-baiknya, agar generasi Aceh ke depan bebas stunting, lebih sehat dan menjadi SDM yang unggul dalam berbagai bidang. 

Selain itu, Marzuki juga menuturkan saat ini tingkat inflasi di Aceh cukup tinggi. Karenanya harus bisa mengoptimalkan kinerja TPID, dan bangun kolaborasi dengan pihak terkait untuk menurunkan tingkat inflasi. 

Dalam hal ini, distribusi pangan juga harus benar-benar diperhatikan demi lancarnya supply dan demand, sehingga inflasi bisa ditekan. 

Selanjutnya adalah pada pengelolaan dana desa. Di mana dana yang dikucurkan pemerintah setiap tahunnya itu harus bisa dikelola dengan baik oleh pemerintah gampong. 

"Sejauh ini, pencairan dana desa di Aceh sudah cukup baik, dan agar dana tersebut lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah di Aceh utamanya di Kota Langsa," katanya.

Marzuki juga meminta agar Said Mahdum dapat mendukung dan memfasilitasi rencana optimalisasi pelabuhan kuala langsa, yang akan dilaksanakan oleh PT Pelindo. 

“Berikan perhatian khusus terhadap peningkatan dan pengembangan pelabuhan tersebut, sebagai salah satu hub transportasi dan perdagangan potensial di Aceh,” ujarnya. 

Dalam kesempatan ini, Marzuki juga meminta agar Pj Wali Kota Langsa dapat menyukseskan semua tahapan Pemilu dan Pilkada di Kota Langsa pada 2024 mendatang.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022