Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/Kota Banda Aceh (KBA) menggelar survei kepuasan masyarakat terhadap kinerja babinsa dalam melaksanakan tugas di wilayah binaan.

Survei berlangsung di Aula Makodim 0101/KBA di Banda Aceh, Rabu. Survei dipimpin Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0101/KBA Kapten Inf Nanang Junaedi mewakili Komandan Kodim (Dandim) 0101/KBA Kolonel Inf Muhammad Nas.

"Survei ini untuk mengukur indikator kinerja babinsa di satuan pelaksana dalam penyelenggaraan program dukungan operasional serta menjamin optimalisasi pencapaian secara efektif, efisien dan ekonomis," kata Kapten Inf Nanang Junaedi.

Kapten Inf Nanang Junaedi mengatakan seorang bintara pembina desa (babinsa) merupakan ujung tombak satuan komando kewilayahan. Babinsa mempunyai peran penting dalam pertahanan darat yang diwujudkan melalui pembinaan teritorial.
 
Hal tersebut juga sejalan dengan tugas pokok yang menjadi rutinitas sehari-hari, di mana para Babinsa senantiasa selalu bersentuhan dengan masyarakat binaannya, kata Kapten Inf Nanang Junaedi. 

"Survei tersebut juga menjadi acuan dan pertanggungjawaban, sehingga bisa diketahui bagaimana kompetensi babinsa dalam pelaksanaan tugas di wilayah binaan," kata Kapten Inf Nanang Junaedi.
 
Tidak hanya itu, survei memiliki nilai positif yang dapat meningkatkan rasa kecintaan dan kepuasan masyarakat terhadap babinsa dengan mengedepankan kemanunggalan TNI dengan rakyat.
 
"Survei tersebut merupakan program teritorial khususnya dengan peserta perwakilan dari berbagai kalangan di wilayah binaan Kodim 0101/KBA, meliputi Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar," kata Kapten Inf Nanang Junaedi.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022