Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) memastikan hingga Kamis malam, menyatakan pihaknya masih melakukan pendataan terkait musibah banjir yang terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan di daerah tersebut, yang menyebabkan terjadinya tanah longsor.

“Jumlah pengungsi masih dalam pendataan, dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Kepala BPBA Ilyas, dalam keterangannya Kamis malam.

Ia menyebutkan, akibat hujan deras yang turun dengan intensitas tinggi, menyebabkan sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Selatan dilanda musibah banjir dan tanah longsor.

Ada pun desa yang terendam banjir diantaranya di Desa Sawang Bunga dan Desa Batai Tunggai, Kecamatan Samadua yang menyebabkan rumah tergerus air.

Kemudian di Desa Lubuk Layu, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan terjadi musibah tanah longosr yang menutupi ruas jalan antardesa.

Sedagkan di Desa Hilir, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan juga menyebabkan sebuah rumah warga tertimbun tanah longsor.

Kepala Pelaksana BPBA Dr Ilyas menyebutkan korban terdampak yang diakibatkan oleh banjir di Desa Batai Tunggai,  Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan berjumlah 6 jiwa (1 kepala keluarga).

Sedangkan yang diakibatkan oleh longsor di Desa (Gampong) Hilir, Kecamatan Tapak Tuan berjumlah 2 jiwa (1 kepala keluarga). 

Ilyas juga mengatakan hingga kini BPBD Kabupaten Aceh Selatan terus melakukan pendataan di lokasi kejadian.

“Dari laporan terakhir yang diterima Pusdalops BPBA menyebut bahwa air masih belum surut dan masih menggenangi pemukiman warga,” kata Ilyas.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022