Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bertekad untuk memaksimalkan sektor pertanian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Sejak saya diberi penugasan, kita terus melakukan penguatan pada sektor pertanian dan peternakan dengan terus membangun komunikasi dengan kementerian terkait,” kata Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto di Jantho, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela panen perdana padi sawah di Gampong Jalin Kecamatan Jantho Kabupaten Aceh Besar.

Ia menjelaskan dalam kunjungan ke Kementerian Pertanian khususnya pihaknya mendapat perhatian khusus untuk pengembangan pertanian termasuk untuk penambahan kuota pupuk bersubsidi.

Ia juga mengajak masyarakat di Gampong Jalin khususnya untuk terus mengembangkan sektor pertanian dan peternakan guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami akan memberikan perhatian dan catatan apa yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat guna mendongkrak pendapatan petani,” katanya.

Tokoh masyarakat jalin, Darwin berharap kepada Pj Bupati Aceh Besar agar dapat memperbaiki saluran irigasi guna memaksimalkan produksi pertanian di kawasan tersebut.

“Kita secara bersama-sama dan bergotong royong untuk membersihkan saluran irigasi yang mengairi sawah masyarakat dan kami juga berharap fasilitas yang ada dapat diperbaiki karena sudah banyak yang rusak.

Kawasan jalin memiliki luas lahan persawahan 120 hektare dengan rata-rata produksi 7,8 ton per hektare.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Jakfar meminta para penyuluh untuk memaksimalkan pendampingan kepada petani di seluruh kecamatan dalam kabupaten itu.

“Sektor pertanian sangat menentukan kesejahteraan masyarakat sehingga para penyuluh harus terus memaksimalkan pendampingan,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022