Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Simeulue menyatakan nelayan di kabupaten kepulauan tersebut mendapat kuota bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis solar sebanyak 15 ton per hari.

"Jatah atau kuota solar subsidi tersebut disalurkan kepada sekitar 1.500 nelayan di Kabupaten Simeulue," kata Kepala DKP Kabupaten Simeulue Isdawati di Simeulue, Rabu.

Isdawati mengatakan untuk BBM subsidi jenis pertalite kuotanya sebanyak 15 liter per hari atau 400 liter per bulan. BBM jenis pertalite tersebut diberikan kepada nelayan menggunakan mesin bukan diesel.

Untuk dapat mengambil BBM subsidi tersebut, kata Isdawati, nelayan harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Simeulue.

Surat rekomendasi tersebut sebagai langkah antisipasi agar kuota BBM subsidi tersebut benar-benar diterima nelayan, bukan diberikan kepada orang yang bukan sebagai nelayan, kata Isdawati.

"Surat rekomendasi ini hanya untuk kuota bukan untuk menurunkan harga BBM subsidi. Serat rekomendasi tersebut berlaku hanya untuk satu hari," kata Isdawati.

Basri, nelayan di Pulau Simeulue, mengatakan kuota BBM subsidi tersebut tidak banyak diketahui oleh nelayan. Apalagi nelayan tradisional yang hanya mengandalkan mesin kapasitas kecil.

"Saya tidak mengetahui ada kuota khusus BBM subsidi untuk nelayan. Selama ini setiap hendak melaut, saya membeli BBM di SPBU dengan jeriken saja tanpa ada surat rekomendasi apa pun," kata Basri.

Basri menuturkan nelayan menggunakan kuota BBM tersebut adalag mereka yang menggunakan mesin berkapasitas besar yang membutuhkan banyak bahan bakar setiap melaut.

"Kalau kami nelayan kecil ini rasanya terlalu susah kalau membeli minyak untuk melaut setiap hari harus minta surat rekomendasi dari dinas terkait," kata Basri.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022