Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memastikan pembangunan dua unit jembatan rangka baja senilai Rp27 miliar lebih berlokasi di kawasan pedalaman Ujong Raja-Antong, Krueng-Antong, Kecamatan Panton Reue, dipastikan tuntas pada tahun 2022 ini.

“Insya Allah, jika tidak ada kendala, pembangunan dua unit jembatan ini tuntas pada tahun ini dan bisa dimanfatkan oleh masyarakat,” kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS didampingi Kadis PUPR Aceh Barat, Dr Kurdi di Meulaboh, Senin.

Ada pun dua unit jembatan berkonstruksi rangka baja yang saat ini sedang dikerjakan tersebut masing-masing berlokasi di Desa Ujong Raja-Antong, Kecamatan Panton Reue, Kabupaten Aceh Barat dengan pagu senilai Rp13,8 miliar dengan bentang 2x50 meter.

Jembatan tersebut, kata Ramli MS, saat ini sudah dilakukan pengerjaan dan pengecoran lantai untuk bentang pertama. Sedagkan sisanya pengecoran lantai pada bentang kedua dan timbunan oprit. 

Kemudian, kata Ramli MS, pembangunan jembaran rangka baja di lintasan Krueng-Antong dengan pagunya sebesar Rp13,6 miliar, juga memiliki bentang 2 meter x 50 meter, dan saat ini sedang mobilisasi rangka baja dari Desa Si Bintang menuju Krueng Antong, Pantion Reus Aceh Barat.

“Kemudian, untuk pembangunan jembatan konvesional panjang bentang 10 meter yang berada pada ruas Kuala Manyeu-Ujong Raja, dengan pagu sebesar Rp 400 juta, juga tuntas tahun ini,” kata Dr Kurdi menambahkan.

Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengharapkan pada tahun ini ruas jalan lingkar yang ia cetuskan tersebut meliputi Kuala Manyeu-Ujong Raja-Antong-Lango-Pante Ceureumen, Aceh Barat, dapat dilalui kendaraan roda empat.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah pedesaan dan pedalaman, guna memasarkan aneka hasil kebun, palawija serta aneka tanaman lainnya, demikian Ramli MS.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022