Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamal mengajak jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Wisata (FJW) Aceh untuk berkolaborasi mempromosikan pariwisata tanah rencong.

"Kolaborasi dengan rekan-rekan FJW pastinya menambah semangat kami dan menjadi poin penting dalam mendorong masyarakat untuk sadar akan pariwisata di daerahnya,” kata Almuniza Kamal, di Banda Aceh, Sabtu. 

Hal itu disampaikan Almuniza Kamal saat bersilaturahmi dan sinergitas bersama FJW Aceh terkait peningkatan informasi industri kepariwisataan Aceh, di kantor Disbudpar Aceh, di Banda Aceh. 

Almuniza menyampaikan, selama ini pihaknya giat mempromosikan budaya dan pariwisata Aceh melalui sejumlah platform, salah satunya terkait ketersediaan amenitas (fasilitas) pariwisata demi kenyamanan para pengunjung. 

Tentunya, kata Almuniza, apa yang dilakukan Disbudpar Aceh sejauh ini juga berkat bantuan dan dukungan peran dari para awak media.

“Disbudpar terus melakukan berbagai upaya mendorong pertumbuhan industri pariwisata Aceh, dengan berkolaborasi sejumlah elemen masyarakat," ujarnya.

Almuniza meminta kepada kepada jurnalis pertemuan Aceh dapat melahirkan aksi nyata agar pengelolaan industri kepariwisataan di Aceh berjalan baik, sehingga destinasi tersebut dilirik wisatawan.

Almuniza menuturkan, sektor pariwisata mampu menyerap tenaga kerja dan sangat berperan dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, maka perlu adanya kreativitas dan inovasi. 

“Jadi, saya harap rekan-rekan FJW menjadi bagian salah satu unsur penting dalam pengembangan kepariwisataan di seluruh kabupaten kota, serta menjadi motor penggerak pariwisata Aceh,” kata Almuniza.

Sementara itu, Ketua FJW Aceh M Ifdhal menyampaikan para wartawan yang tergabung dalam forum jurnalis wisata ini berasal dari media cetak, online dan TV, baik skala lokal maupun nasional.

Ifdhal menyampaikan, Disbudpar Aceh sedang gencar-gencarnya melakukan promosi pariwisata, sehingga kehadiran FJW bisa ikut membantu untuk menyemarakkan kembali promosi pariwisata dari informasi wisata yang menarik.

“Maksud kehadiran kami ini untuk menjalin silaturahmi serta berkolaborasi dengan Disbudpar Aceh. Intinya, kami siap mendukung upaya pemajuan hingga promosi pariwisata," kata Ifdhal.

Ifdhal berharap, sinergitas antara FJW dan Disbudpar Aceh ini dalam rangka penguatan pariwisata, serta ada upaya keduanya untuk menghilangkan stigma buruk di kalangan wisatawan terhadap Aceh. 

"Mungkin ada kerja-kerja yang berkesinambungan antara keduanya demi mewujudkan pariwisata Aceh yang aman, nyaman dan menawan," demikian Ifdhal.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022