Kualasimpang (ANTARA Aceh) - Pembangunan tower repiter untuk internet berbasis desa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika belum terealisasi, padahal program tersebut sudah digagas sejak tahun 2015.
     
Datok Penghulu (Kepala Desa) Ie Bintah, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, Wilda Mukhlis, Kamis membenarkan tentang belum dibangunnya tower repiter internet berbasis desa tersebut.
     
Desa Ie Bintah adalah bagian desa penerima manfaat dari program tersebut. Wilda berharap, agar wacana tersebut dapat terealisasi secepatnya sebab manfaat internet berbasis desa itu sangat besar.
     
"Jika terealisasi dengan segera, tentunya dapat meningkatkan kinerja perangkat desa. Dan data apapun yang diminta kabupaten dapat dengan segera dikirim, soft copynya. Ini memutuskan matarantai panjangnya rentang administrasi,"  tegas Wilda.
     
Masih Wilda, bahwa program jaringan internet desa untuk Kabupaten Aceh Tamiang akan dilaksanakan pembangunannya di tahun 2016 untuk 12 desa terpilih yang mewakili 12 kecamatan, tetapi hingga pertengahan tahun belum ada kejelasanya.
     
"Untuk titik bangunan Base Transmition System (BTS) di Kampung Ie Bintah lahannya telah kita siapkan," jelas Wilda.
     
Disebutkannya,selain prasarana jaringan internet yang diberikan ke kampung juga ditempatkan satu orang operator yang didanai langsung dari Kemenkominfo RI. 
     
"Bila sudah terbangun tower tersebut warga akan mudah mengakses internet data, memajukan kampung sesuai potensi dimiliki suatu kampung," jelasnya.
     
Sementara itu, Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang, Thamrindu Lubis saat dikonfirmasi terkait program pembangunan jaringan internet desa tersebut menegaskan, dirinya belum bisa memberikan keterangan persoalan ini.
     
"Nanti saya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak yang mengelola program ini," kata dia.

Pewarta: Syawaluddin

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016