Kepolisian RI Resor (Polres) Lhokseumawe, Aceh, menggencarkan patroli malam guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum kepolisian tersebut.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto di Lhokseumawe, Kamis, mengatakan patroli dilakukan dengan menyusuri wilayah perkotaan dan perkampungan, termasuk mendatangi tempat keramaian masyarakat.

"Patroli ini merupakan kegiatan rutin guna mencegah gangguan kamtibmas serta memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata Henki Ismanto.

Perwira menengah Polri itu mengatakan patroli malam tersebut juga melibatkan personel kepolisian sektor (polsek) seperti Polsek Simpang Keramat dan Polsek Banda Sakti.

Dalam patroli tersebut, kata Kapolres, polisi juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas. Serta melaporkan segera jika melihat atau mendapat informasi mencurigakan kepada kantor polisi terdekat.

"Dukungan masyarakat dibutuhkan dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Lhokseumawe. Gangguan kamtibmas lebih dikedepankan upaya pencegahan," kata Henki Ismanto.

Selain patroli kamtibmas, Polres Lhokseumawe melalui Satuan Lalu Lintas juga menggencarkan patroli malam guna mengantisipasi gangguan lalu lintas seperti kemacetan dan kecelakaan di jalan raya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lhokseumawe AKP Adek Taufik mengatakan patroli malam untuk menjamin kelancaran lalu lintas serta memberi kenyamanan kepada pengguna jalan raya pada malam hari 

"Wilayah hukum Polres Lhokseumawe termasuk lintasan jalur sumatra yang merupakan rawan kecelakaan. Dengan patroli malam, untuk menjamin keamanan pengguna jalan raya yang melintas serta mengantisipasi kecelakaan lalu lintas," kata Adek Taufik.

Kepada pengguna jalan raya, Adek Taufik mengingatkan jangan terlalu memaksakan diri berkendara maupun mengemudi di malam hari. Jika lelah, segera beristirahat, sehingga kecelakaan bisa dicegah.

"Istirahat juga lelah dan mengantuk, baik di SPBU maupun rest area lainnya. Utamakan keselamatan serta berhati-hati dalam berkendara ataupun mengemudi," kata Adek Taufik.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022