Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Aceh, mencatat sebanyak 1.067 jiwa atau 39,45 persen dari sasaran 2.757 tenaga kesehatan di daerah itu sudah menjalani vaksinasi vaksin COVID-19 dosis keempat atau penguat kedua. 

"Vaksinasi penguat kedua yang menyasar tenaga kesehatan di Kota Lhokseumawe sudah mencapai 38,45 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Safwaliza di Lhokseumawe, Senin.

Safwaliza mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan realisasi capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis keempat untuk tenaga kesehatan. Dam juga, pihaknya optimis capaian vaksinasi dosis penguat kedua tersebut tercapai 100 persen pada akhir tahun ini

Menurut Safwaliza, vaksin COVID-19 dosis keempat tersebut diberikan kepada penerima setelah enam bulan mendapatkan dosis tahap ketiga atau penguat pertama. Vaksin dosis keempat untuk saat ini hanya diberikan kepada tenaga kesehatan.

"Pemberian vaksin dosis keempat ini untuk meningkatkan imunitas tenaga kesehatan dari COVID-19. Apalagi, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," kata Safwaliza. 

Terkait capaian vaksinasi vaksin COVID-19 kepada tenaga kesehatan untuk keseluruhan di Kota Lhokseumawe, Safwaliza mengatakan dosis pertama mencapai 3.109 orang atau 112,8 persen. 

"Sedangkan dosis kedua sebanyak 2.953 orang atau 107,11 persen dan dosis ketiga atau penguat pertama sudah mencapai 2.705 orang atau 98,11 persen," kata Safwaliza.

Kendati sudah menerima vaksin hingga dosis keempat, Safwaliza mengingatkan tenaga kesehatan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan karena penularan COVID-19 masih tetap berlangsung.

"Patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak serta tidak berkerumunan. Protokol kesehatan merupakan cara paling efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19," kata Safwaliza.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022