Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menggandeng maskapai Citilink untuk memperlancar frekuensi penerbangan melalui Bandar Udara Cut Nyak Dhien sebagai upaya meningkatkan investasi di daerah.

“Penambahan rute transportasi udara di Nagan Raya sangat diperlukan, sehingga masyarakat dan pelaku usaha lebih mudah mendapatkan layanan transportasi udara,” kata Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas dalam keterangannya di Nagan Raya, Senin.

Menurutnya, letak Kabupaten Nagan Raya yang berada di posisi paling strategis di pantai barat selatan Aceh, maka peningkatan transportasi dan kelancaran penerbangan pesawat udara menjadi salah satu aspek yang bisa membuat daerah lebih maju.

Selain itu, dengan bertambahnya akses pesawat, juga dapat menciptakan persaingan harga. Perusahaan maskapai juga tidak bisa memonopoli harga untuk jasa angkutan, sehingga harga yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan bisa lebih terjangkau.

Dengan adanya berbagai perusahaan besar di Kabupaten Nagan Raya, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), perusahaan batubara, Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PKS) dan perusahaan lainnya, diharapkan sarana transportasi udara bisa lebih optimal.

"Kami berharap agar Citilink selaku maskapai milik BUMN dapat segera melayani penerbangan ke wilayah pantai barat selatan Aceh, tepatnya di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya,” kata Fitriany.

Selama ini, kata dia, harga jual tiket pesawat udara bagi masyarakat di Nagan Raya dan Aceh sangat mahal karena tidak adanya persaingan antarmaskapai.

Dengan hadirnya Citilink di Nagan Raya, pemerintah daerah berharap dapat memberi solusi yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat, katanya.

"Bandara Cut Nyak Dhien merupakan bandara terbesar di garis pantai barat selatan Aceh, Insya Allah pesawat jenis ATR dapat mendarat dan landing dengan mulus di sana," kata Fitriany.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022