Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar serangkaian atraksi Pesona Tanoh Aceh dalam rangka memeriahkan malam Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-7 2022 di provinsi setempat.

“Kegiatan API award ini bukan sekadar seremonial semata, tapi menjadi momentum membangkitkan gairah pariwisata dan perekonomian bangsa termasuk Aceh,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal di Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka kegiatan API ke-7 tahun 2022 yang berlangsung di Gedung AAC Dayang Dawood, Darussalam, Banda Aceh. Provinsi Aceh menjadi tuan rumah pelaksana malam API Award ke-7.

Ia menjelaskan dalam rangka memeriahkan kegiatan API award dan mempromosikan Aceh kepada seluruh peserta dari berbagai provinsi yang datang ke Tanah Rencong tersebut, pihaknya ikut mengemas atraksi budaya Pesona Tanoh Aceh.

Kemudian menampilkan pameran produk ekonomi kreatif unggulan dari berbagai kategori seperti kuliner, wastra, kriya, paket wisata dan beragam kerajinan lainnya.

Ia menyebutkan ada 27 produk pariwisata dan ekonomi kreatif dari Aceh yang ikut dipamerkan dan dijual langsung kepada pengunjung yang datang dalam rangkaian kegiatan malan Anugerah Pesona Indonesia 2022 di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Semoga dengan kegiatan yang dihadiri peserta dari 54 kabupaten se Indonesia, geliat ekonomi di Aceh meningkat dan berdampak langsung bagi pelaku UMKM,” katanya.

Pemerhati sektor pariwisata Aceh, Arif Fadillah mengajak para peserta dari seluruh kabupaten se Indonesia yang hadir di pada malam puncak API 2022 di Banda Aceh dapat mengunjungi berbagai destinasi di ibu kota Provinsi Aceh itu.

“Kota Banda Aceh memiliki beragam destinasi yang layak untuk dikunjungi seperti wisata religi, sejarah, bahari dan kuliner serta beragam spot wisata lainnya,” katanya.

Ia mengatakan Aceh umumnya dan Banda Aceh khususnya merupakan daerah yang aman dan nyaman untuk dikunjungi dan berlibur bersama keluarga karena Aceh menyimpan berbagai pesona wisata yang luar biasa.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022