Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Aceh Tamiang melepas keberangkatan atlet Taekwondo yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke XIV 2022 di Kabupaten Pidie.

Ketua Harian KONI Aceh Tamiang Muhammad Husen Dawud di Karang Baru, Jumat, mengatakan atlet Taekwondo akan mengikuti pertandingan pada Minggu (4/12) di PORA Pidie, sehingga hari ini wajib berangkat.

"Pelepasan cabang olahraga (Cabor) Tekwando ini dilakukan lebih awal karena pertandingannya dipercepat," kata M Husen usai memberangkatkan para atlet Taekwondo dari Kantor Sekretariat KONI Aceh Tamiang di Karang Baru. 

Baca juga: KONI Aceh Tamiang selesai gelar TC jelang PORA 2022, ini targetnya

Pelepasan satu Cabor Taekwondo ini disaksikan pengurus KONI lainnya yakni, Ketua III Yetno dan Bendahara Umum Mawardi. Hadir juga perwakilan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tamiang Juli Darma Bakti dan Ketua Cabor Taekwondo Aceh Tamiang Muzakir.

Menurut M Husen ada lima cabor yang jadwal pertandingannya dipercepat di event PORA 2022 yakni Taekwondo, Tarung Derajat, Muangthai,  Wushu dan Futsal.

"Dari lima cabor itu hanya dua cabor yang ada di KONI kita (Aceh Tamiang), Taekwondo dan Tarung Derajat. Nanti tanggal 5 Desember 2022 giliran Cabor Tarung Derajat yang berangkat/dilepas ke PORA Pidie," ujarnya.

Baca juga: Pidie siap gelar PORA XIV, ini persiapannya

Pada gelaran PORA ke XIV 2022 ini KONI Aceh Tamiang menargetkan masuk peringkat delapan besar dari perengkingan perolehan medali seluruh kabupaten.

"Kalau target per cabor diharap seluruh cabor bisa masuk final, terutama dapat medali emas," pungkas M Husen.

Sementara itu pelatih Taekwondo Aceh Tamiang Syafruddin alias Sabem Saf mengatakan jumlah tim Taekwondo yang berangkat ke PORA Pidie sebanyak 13 orang terdiri dari 9 orang atlet dan 4 orang ofisial/pelatih.

Adapun persiapan diri dalam menghadapi PORA, tim Taekwondo binaan Zakir Seulanga ini selain telah mengikuti training center (TC) selama tujuh hari, mereka juga menjalani latihan rutin selama satu bulan lebih.

Baca juga: Tiga cabang olahraga PORA XIV gagal ditandingkan di Pidie

"Kami hanya sampai tanggal 7 Desember 2022 saja main di Pidie. Target kami di PORA ini minimal emas," tegas Sabem Saf.

Dia menjelaskan atlet-nya berangkat mendahului cabor lainnya karena demi bisa tampil pada kejuaraan nasional (Kejurnas) Junior 2022 yang diselenggarakan di Provinsi Banten. Cabor Taekwondo kali ini lebih singkat mengikuti PORA hanya sepekan sudah harus pulang.

"Kami butuh persiapan atlet untuk agenda Kejurnas Banten tanggal 15 Desember 2022," tuturnya.

Sabem Saf menyatakan dua orang atlet Taekwondo Aceh Tamiang putra dan putri berhasil lolos Kejurnas Junior. Sabam optimis atlet-nya mampu meraih prestasi dan mengharumkan nama daerah di ajang tingkat nasional tersebut.

"Prestasi yang pernah kami raih dapat tujuh medali emas, satu perak dan satu perunggu di Kejurwil 2021. Selain itu atlet Taekwondo juga banyak dapat medali di Popda 2022," sebut Sabem.
 

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022