Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Gampong (desa) Nusa, Kecamatan Lhoknga, yang merupakan salah satu daerah wisata di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, menawarkan paket wisata dari Rp30 ribu sampai Rp500 ribu.

"Paket wisata yang kita siapkan ini ada yang untuk kuliner masakan Aceh saja dan ada yang termasuk dengan penginapan dan makan," kata tokoh masyarakat Gampong Nusa, Rubama di Aceh Besar, Minggu.

Ia menjelaskan gampong wisata yang dijalankan berbasis masyarakat tersebut telah dimulai sejak awal Januari 2016 dan telah banyak dikunjungi oleh tamu dari dalam dan luar negeri.

"Tamu yang datang untuk berwisata ke sini beragam ada dari lokal, nasional dan juga luar negeri seperti Malaysia, Thailand dan Filiphina," katanya.

Ia menyebutkan saat ini ada 30 penginapan yang tersebar di rumah-rumah masyarakat yang siap melayani seluruh tamu yang ingin berlibur di gampong yang berjarak sekitar 10 KM dari Kota Banda Aceh tersebut.

Ada pun kuliner yang disiapkan kepada pelancong yang akan berwisata ke Gampong Nusa tersebut seperti keumamah (ikan kayu), kuah plik'u dan kuah daun murung.

"Beragam kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan inisiatif dari masyarakat di Gampong Nusa," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh,Reza Fahlevi memberikan apresiasi terhadap inisiatif masyarakat dalam menyiapkan berbagai sarana pendukung sebagai sebuah destinasi wisata.

"Saya melihat masyarakat di Gampong Nusa sangat antusias menyiapkan berbagai sarana pendukung sebagai kawasan wisata seperti penginapan, kerajinan tangan, seni, kukiner dan beragam kegiatan lainnya," katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Aceh menyambut baik dengan program gampong wisata berbasis masyarakat ini dan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan berbagai sarana pendukung seperti tolet yg memadai dan juga penunjuk arah.

"Kita nantinya juga akan meningkatkan kemampuan masyarakat di daerah setempat dengan membawa sejumlah tokoh yang terlibat aktif dalam kegiatan ini untuk belajar di desa yang telah lebih awal melaksanakan kegiatan tersebut seperti di Bali," katanya.

Pihaknya berharap langkah yang telah dilakukan oleh Gampong Nusa tersebut dapat diikuti oleh gampong lainnnya di Aceh, sehingga upaya meningkatkan kunjungan wisata dan menyejahterakan masyarakat dapat terwujud di masa mendatang.

Reza mengatakan pihaknya saat ini juga sedang melaksanakan Aceh International Rapa'i Festival 2016 yang turut dimeriahkan oleh gruop seni dalam negeri dan luar negeri yang berlangsung dari 26-30 di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016