Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mendorong seluruh perusahaan pertambangan yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) di daerah itu agar beroperasi secara maksimal, demi meningkatkan investasi di daerah.

"Investasi di sektor pertambangan merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi daerah, dan menurunkan tingkat pengangguran di Kabupaten Aceh Barat," kata Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi di Meulaboh, Kamis.

Hal ini ia sampaikan saat melakukan pertemuan dengan enam pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Aceh Barat di ruang rapat bupati di Meulaboh.

Ada pun peserta audiensi yang hadir diantaranya antaranya PT Mifa Bersaudara, PT Indonesia Pasifik Energi, PT Universal Pratama Sejahtera, PT Prima Bara Mahadana, PT Nirmala Coal Nusantara, dan PT Agrabudi Jasa Bersama.

Mahdi mengatakan pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dengan Perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kabupaten Aceh Barat dalam rangka percepatan investasi daerah. 

Menurutnya, dengan adanya sinergi yang baik antara swasta dan Pemerintah, akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan nilai investasi di Aceh Barat khususnya di sektor pertambangan. 

Untuk itu, sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, investasi di daerah harus terus didorong dan diprioritaskan dengan mempercepat kemudahan investasi melalui regulasi yang sederhana namun tetap sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ia berharap pertemuan ini bisa dilaksanakan secara rutin guna memantau progres iklim investasi di Kabupaten Aceh Barat serta mencari solusi dari semua permasalahan yang dapat menghambat produksi dan investasi di Bumi Teuku Umar.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Aceh Barat, Edy Juanda mengatakan pertemuan audiensi ini menghadirkan enam perusahaan pemegang IUP di Kabupaten Aceh Barat dalam rangka membahas percepatan investasi daerah.

Menurut Edy, potensi investasi di Kabupaten Aceh Barat khususnya di sektor pertambangan cukup besar dan memiliki peran penting dalam peta ekonomi Aceh Barat. 

Untuk itu, sektor pertambangan inj perlu mendapatkan perhatian khusus agar perusahaan tambang yang telah memegang IUP bisa berproduksi dengan optimal. 

"Jika enam perusahaan ini bisa beroperasi dengan optimal, maka akan berdampak pada meningkatnya nilai investasi di Aceh Barat yang bermuara pada pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat," tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022