Dalam rangka menyambut HUT ke-83, Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Aceh bakal menggelar pameran fotografi bencana yang dihadapi Indonesia, termasuk rekaman peristiwa tsunami Aceh. 

"Pengunjung dapat melihat langsung kilas balik beragam bencana di Indonesia, termasuk di Aceh," kata Kepala Biro Antara Aceh Azhari, di Banda Aceh, Jumat.

Pameran foto yang bertajuk "Indonesia Menyintas Bencana" itu dilaksanakan pada 13-22 Desember 2022. Perhelatan tersebut sebagai upaya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kebencanaan. 

"Tidak hanya sekedar menikmati foto-foto terbaik saja, melainkan menjadikannya sebagai pelajaran dalam menghadapi bencana alam yang bisa datang kapan saja," ujarnya.

Azhari menyampaikan, masyarakat Indonesia yang hidup di daerah dengan status rawan terhadap bencana alam sudah seharusnya paham terhadap pengetahuan mitigasi serta kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. 

"Melalui pameran foto ini, Antara ikut andil dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kebencanaan," katanya. 

Pameran foto kebencanaan tersebut, kata Azhari, menampilkan beragam karya hasil jepretan pewarta foto Antara se-Indonesia, mulai dari Tsunami Aceh pada 2004 silam, bencana Gunung Merapi Magelang tahun 2010, erupsi Gunung Sinabung tahun 2014, gempa Balaroa di Palu tahun 2018, banjir ibu kota Jakarta, hingga beragam foto bencana lainnya. 

Azhari menambahkan, Antara juga melibatkan siswa yang berada di lingkungan Banda Aceh untuk dapat melihat langsung rekam potret-potret bencana di Indonesia sembari mendapat sosialisasi pengetahuan kebencanaan. 

"Di tanggal 14 sampai sepekan kemudian kita sudah mengundang anak murid siswa-siswi SMP kita datangi ke sini, kita berikan sosialisasi atau pendidikan mitigasi bencana kepada mereka," demikian Azhari.


 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022