Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (Perkemi) Kabupaten Aceh Tamiang meraih satu medali emas dan satu perunggu pada ajang Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV Pidie 2022.

"Peraih medali emas atlet putri atas nama Dedek Sadriani. Untuk peraih medali perunggu atlet putra M Radja Pratama," kata Wakil Ketua Perkemi Aceh Tamiang Andisyah Suriyanda dihubungi dari Kuala Simpang, Rabu.

Andisyah menjelaskan Dedek Sadriani bertarung dari kategori randori perorangan kelas 57kg atau kelas bebas. Sedangkan M Radja Pratama kategori randori perorangan putra kelas 65kg.

Baca juga: Banda Aceh pimpin perolehan medali catur PORA Pidie

Dedek Sadriani berhasil merebut medali emas setelah menaklukkan Rinda Febriola dari Kabupaten Aceh Tengah di final pada Selasa (13/12) sore.

Sementara M Radja Pratama tumbang melawan atlet Lhokseumawe di babak semi final. Bahkan selain menelan kekalahan Radja juga mengalami cidera pada pergelangan mata kaki sebelah kiri yang membuatnya gagal masuk final meraih medali emas.

"Iya satu orang atlet cidera. Saat ini Radja jalan tertatih jadi tidak bisa melanjutkan pertandingan. Tidak mungkin untuk dipaksakan," ujar Andisyah Suriyanda yang juga merangkap sebagai pelatih Kempo Aceh Tamiang.

Baca juga: Tuan rumah Pidie rajai panahan PORA XIV, raup 13 emas hari pertama

Wakil Ketua Perkemi Aceh Tamiang ini menyatakan tim-nya andil di ajang PORA XIV Pidie sejak tanggal 10 Desember 2022 dan sudah menyelesaikan seluruh rangkaian pertandingan pada hari Selasa (13/12) sore.

"Pertandingan sudah selesai, rencana besok kami pulang," kata dia.

Baca juga: PORA XIV tes terakhir atlet atletik masuk Pelatda 2023

Ketua Kontingen Aceh Tamiang M Husen Dawud mengatakan terhitung Rabu (14/12) hingga pukul 18.00 WIB jumlah  perolehan medali sementara kontingen Aceh Tamiang sebanyak 17 dan berada di urutan 11.

"Ke 17 medali ini dikoleksi oleh enam cabor yakni atletik 1, catur 1, kempo 2, senam 3, taekwondo 3 dan tarung derajat 7. Namun ini hitungan sementara masih ada atlet yang sedang bertanding dan 15 cabang olahraga lagi berpotensi menambah medali," sebut M Husen.
 

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022