Tapaktuan (Antara Aceh) - Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra  minta kepada Badan Pengawas (BP) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Naga, Tapaktuan, segera mengusulkan calon direktur definitif perusahaan daerah itu dan nama-namanya segera diserahkan ke pihaknya.

"Kita sudah dua kali melayangkan surat kepada badan pengawas, namun hingga saat ini belum ada tindaklanjut secara konkrit," kata Kepala Bagian Ekonomi Setdakab, Fujianto kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis.

Langkah itu dilakukan menyusul jabatan pelaksana tugas (Plt) Direktur PDAM Tirta Naga Tapaktuan yang dijabat oleh Eki Firman hingga saat ini sudah dua kali dilakukan perpanjangan masa tugas yakni per enam bulan sekali.

Ia menduga keputusan Badan Pengawas yang hingga saat ini belum menyerahkan nama-nama calon direktur definitif tersebut bisa jadi disebabkan ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan hingga tuntas sebelum merekrut direktur baru.

"Memang selama ini ada beberapa persoalan yang harus dituntaskan terlebih dahulu, seperti permasaalahan utang dengan pihak Kementerian Keuangan, sedang berlangsungnya audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta pembenahan manajemen dan kasus hukum yang diduga menjerat direktur sebelumnya dimana saat ini sedang ditangani oleh pihak kejaksaan," katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas PDAM Tirta Naga Tapaktuan, Bahtiar AR memastikan bahwa pihaknya telah selesai mencari sosok kandidat yang akan menduduki jabatan direktur definitif.

"Berkas mereka sedang kami teliti atau verifikasi yang pasti nama-nama kandidat tersebut sudah kami kantongi. Kami pastikan bahwa nama-nama calon tersebut akan kami sodorkan kepada Bupati Aceh Selatan dalam bulan ini," tegas Bahtiar.

Sesuai aturan, jelas Bahtiar, pihak Badan Pengawas hanya memiliki kewenangan mencari kemudian memverifikasi berkas administrasi para calon yang dinilai layak dan mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing. Jumlah calon yang disodorkan kepada Bupati Aceh Selatan minimal dua orang.

"Calon minimal dua orang atau bisa lebih. Sesuai ketentuan setelah nama-nama tersebut diserahkan kepada Bupati, maka selanjutnya Bupati akan membentuk tim untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan untuk selanjutnya dipilih satu orang yang dinilai layak dan terbaik dari yang baik," katanya.

Plt Direktur PDAM Tirta Naga Tapaktuan, Eki Firman juga membenarkan bahwa pihak Badan Pengawas telah menargetkan akan merampungkan perekrutan direktur definitif dalam bulan September ini.

"Saya sangat bersyukur dengan keputusan tersebut, sebab sudah sejak lama saya meminta mengundurkan diri karena tidak sanggup lagi mengemban amanah ini. Alhamdulilah baru dalam bulan September ini permintaan itu akan terwujud, saya berharap proses perekrutan direktur difinitif yang baru tersebut berjalan lancar tanpa ada kendala apapun," pintanya.

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016