Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Aceh Tamiang Mursil secara khusus mengapresiasi seluruh atlet Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV 2022 Pidie atas torehan prestasi yang membawa daerah itu peringkat 10 besar.

"Saya apresiasi sekali, sangat bangga atas capaian medali yang dipersembahkan atlet kita jauh meningkat kita berhasil masuk peringkat 10 besar pada PORA tahun ini," kata Mursil dihubungi dari Kuala Simpang, Kamis.

Mursil menyatakan hal itu langsung dari Kota Sigli, Pidie saat menghadiri acara penutupan PORA XIV/2022 Pidie pada 22 Desember 2022.

Baca juga: Aceh Tengah sapu bersih medali emas di Cabor Arung Jeram Pora XIV Pidie

Ketum KONI yang menjabat Bupati Aceh Tamiang ini juga sempat mengalungkan medali emas kepada atlet pencak silat yang bertanding terakhir di penutupan PORA.

"Total capai medali kita  melampaui PORA tahun sebelumnya, termasuk medali emas-nya. Artinya pembinaan yang kita berikan selama ini tidak sia-sia berhasil berkat keseriusan atlet kita bisa berada di level lebih baik lagi," ujarnya.

Bupati Mursil juga berjanji akan menyambut kontingen Aceh Tamiang pascakepulangan dari PORA XIV Pidie.

Baca juga: Final sepakbola PORA XIV, Pidie berjaya 5-1 lawan Aceh Singkil

"Nanti akan disambut di Pendopo Bupati sebagai bentuk penghargaan kita kepada atlet-atlet terbaik Aceh Tamiang," tukas Mursil.

Ketua Kontingen Aceh Tamiang M Husen Dawud menjelaskan hingga hari penutupan berdasarkan rekapitulasi perolehan medali peserta PORA XIV tahun 2022 Kabupaten/Kota se-Aceh, posisi Kabupaten Aceh Tamiang berada di urutan ke 10.

Baca juga: Emas tinju Aceh Besar lampaui target di PORA XIV

"Total perolehan medali untuk Aceh Tamiang sebanyak 60 terdiri dari 13 emas, 15 perak dan 32 perunggu dari 21 cabor yang dipertandingkan," jelas M Husen.

Menurut M Husen medali emas terakhir disumbang oleh atlet pencak silat tim putra dan putri di akhir pertandingan memboyong 7 medali yakni 3 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022