Asuransi jiwa berbasis proteksi diperkirakan semakin berkembang di masa depan kata Chief Marketing Officer PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), Dowi Benedict Teng.

“Ke depan, produk asuransi jiwa yang berbasis proteksi akan semakin berkembang. Perusahaan asuransi jiwa juga lebih baik fokus pada produk-produk proteksi,” katanya.

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan bahwa produksi premiunit-linked serta kontribusinya terhadap keseluruhan premi industri terus menunjukkan penurunan sejak 2021. 

Pada tahun tersebut, perolehan premi industri asuransi jiwa mencapai Rp127,70 triliun dengan kontribusi mencapai 62,9 persen dari total premi industri asuransi jiwa (sumber: www.aaji.or.id).

Memasuki tahun 2022, penurunan produksi premi membuat kontribusi unit-linkedterus menyusut menjadi 59,30 persen pada kuartal I/2022 hingga menjadi 57,7 persen pada kuartal III/2022. 

Penyusutan tersebut tidak terlepas dari upaya pembenahan di sektor asuransi jiwa menyusul munculnya sejumlah kasus terkait produk unit-linked yang kemudian mengikis kepercayaan masyarakat terhadap asuransi. 

Dowi mengatakan produk asuransi berbasis proteksi merupakan masa depan industri asuransi jiwa karena akan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi. 

Pihaknya akan fokus meracik produk-produk asuransi berbasis proteksi yang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

“Konsep kami customer centric. Kami mendesain produk yang menyesuaikan dengan customer, butuhnya seperti apa, maunya bagaimana dan menghadirkan produk dengan landasan proteksi,” katanya.

Pada kuartal IV tahun 2022, IFG Life telah menyediakan produk asuransi berbasis proteksi untuk para pegiat olahraga dan pelaku perjalanan yaitu IFG LifeSAVER dengan premi yang terjangkau, yakni hanya Rp49.000, masyarakat bisa mendapatkan proteksi selama 1 (satu) bulan terhadap risiko cedera yang disebabkan oleh aktivitas olahraga maupun aktivitas perjalanan baik darat, laut ataupun udara.

Dalam rangka memperkenalkan LifeSAVER kepada masyarakat luas, pihaknya gencar menggaet berbagai komunitas olahraga di Tanah Air seperti menggandeng komunitas olahraga sepeda di Jakarta dan Tangerang dalam suatu kegiatan olahraga di akhir pekan.

Menutup akhir tahun ini, IFG Life berkolaborasi menggelar kegiatanLast Sunday Ride (LSR) bersama komunitas pesepeda. Kegiatan ini merupakan sebuah gerakan komunitas bersepeda bersama pada hari Minggu terakhir di penghujung tahun.

Kegiatan yang digelar pada Minggu diselenggarakan di dua tempat yaitu Jakarta dan Tangerang dengan estimasi 1.000 pesepeda berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022