Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 yang berlokasi di 1,91 Lintang Utara dan 97,83 Bujur Timur, tepatnya di 47 km Tenggara Kabupaten Aceh Singkil, tidak memberi dampak di Kabupaten Simeulue.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue Zulfadli di Simeulue, Senin, mengatakan gempa terjadi pada Senin (16/1) jam 05 30.WIB 
 
"Meski lokasi gempa tersebut berdekatan dengan Pulau Simeulue, gempa yang terjadi saat shalat subuh itu tidak begitu dirasakan masyarakat," kata Zulfadli.
 
Selain itu, kata Zulfadli, belum ada laporan kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut di kabupaten kepulauan itu. Namun begitu, tim BPBD dikerahkan memantau seluruh wilayah Kabupaten Simeulue setelah gempa terjadi.
 
Zulfadli mengimbau masyarakat Simeulue untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan akan terjadinya gempa susulan. Apalagi wilayah Pulau Simeulue memang sering terjadi gempa bumi.
 
Selain gempa, kata Zulfadli, masyarakat kabupaten kepulauan juga diminta tetap waspada terhadap potensi bencana alam lainnya seperti banjir, tanah longsor, angin kencang maupun sampak cuaca buruk yang sering terjadi di Kabupaten Simeulue.
 
"Masyarakat Simeulue harus tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya gempa bumi maupun bencana lainnya. Kewaspadaan ini merupakan bagian dari mitigasi bencana," kata Zulfadli.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023